Danny Bidik Guru Penggerak untuk Posisi Kepsek

  • Bagikan
int Ilustrasi papan nama kepala sekolah


Diapun berharap mereka yang terpilih sebagai kepala sekolah nantinya adalah orang-orang terpilih yang memenuhi dan melewati persyaratan kompetensi. Khususnya terkait leadership dan manajerial.
"Itulah gunanya dibentuk Timsel. Kami dalam posisi mengawasi aja supaya seleksi berjalan fair, jujur, dan adil. Kita berharap kepala sekolah yang terpilih nantinya sesuai harapan untuk mewujudkan MerdekaBelajar dan semua harus sekolah," tandasnya.


Diketahui ada 314 SD dan 55 SMP yang akan diisi pada seleksi kepala sekolah ini.
Sehari sebelumnya, Sekertaris BKPSDM Makassar, I Dewa Gede Widya Darma, mengatakan, pihaknya saat ini baru menerima laporan terkait lelang jabatan kepala sekolah. Konsep ujiannya, para peserta nantinya akan menggunakan computer assisted test (CAT) atau ters berbasis komputer. Hanya saja, konsep ini masih menunggu persetujuan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.


"Kalau tesnya itu baru saya terima soal lelang jabatan kepala sekolah. Kalau kepala puskesmas belum ada informasi dek," tukas Dewa--sapaan akrab Sekertaris BKPSDM Makassar.


Lelang jabatan kepala sekolah, kata Dewa, pihaknya akan membuka pendaftaran melalui aplikasi. Semua bisa ikut, termasuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Selama memenuhi persyaratan lelang jabatan tersebut.


"Jadi, lelang jabatan ini kita buka. Tapi lingkup Pemkot Makassar. PPPK juga bisa ikut," tegasnya.
Dewa memprediksi, pendaftar lelang jabatan kepala sekolah akan membludak. Sebab, pejabat saat ini akan ikut lelang terbuka ini.

Berdasarkan data, ada sekira 300 kepala sekolah tingkat SD-SMP. "Ada 500 lebih seperti akan ikut lelang jabatan kepala sekolah ini. Tapi saya bingung nanti soal model wawancara, makanya harus cepat ketemu dengan kepala dinas pendidikan seperti apa konsepnya," tukasnya.


Sambung Dewa, dirinya menilai lelang jabatan kepala sekolah tidak mudah. Sebab, ada beberapa persyaratan yang akan menjadi kendala peserta. Seperti sertifikat calon kepala sekolah (Cakep) dan guru penggerak.


"Banyak guru di Makassar tapi tidak semua berlabel guru penggerak. Syaratnya lagi yang berat itu, harus punya sertifikat cakep," jelasnya. (rhm)

  • Bagikan