Kaswadi Minta Warga Layani Satgas TMMD

  • Bagikan

SOPPENG, BKM.FAJAR.CO.ID - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 113 Tahun Anggaran 2022 Kodim 1423 Watan Soppeng resmi dibuka di Aula Kantor Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Rabu (11/5).

Dandim 1423/Soppeng, Letkol (Inf) Richard M Butarbutar mengatakan TMMD bertujuan membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Waktu pelaksanaan yaitu Minggu II Mei-Minggu II Juni) di Kelurahan Labessi Kecamatan Marioriwawo dan Desa Mariorilau Kecamatan Marioriwawo.
Menurut Richard, sasaran kegiatan untuk fisik diantaranya pengerasan jalan tani menghubungkan Lingkungan Labessi dengan Dusun Atakka Desa Mariorilau sepanjang 5.000 meter. Pengerasan jalan tani Dusun Sekkang kampung Taritie
menghubungkan jalan Dusun Atakka Desa Mariorilau sepanjang 4.500 meter. Pembuatan satu buah dekker dan lima cincin/gorong-gorong.
Sasaran non fisik yakni penyuluhan perkebunan, pertanian, bela negara, wawasan kebangsaan, Posbindu PTM, OMP KB dan pelayanan khitanan massal.

Komposisi pasukan yang tergabung dalam Satgas TMMD berkekuatan 150 orang yang terdiri dari Kelompok Komando Satgas, Tim Asistensi/Penyuluh, tim Kesehatan lapangan, tim teknis, SSK (Satpur/Banpur TNI AD, TNI AL, TNI AU.
Danrem 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil menjelaskan kegiatan TMMD merupakan program kerja sama secara terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, kementerian/lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), pemerintah daerah dan masyarakat yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah.

Kegiatan TMMD di Kabupaten Soppeng yang terdiri dari pembangunan fisik, sarana dan prasarana kebutuhan yang secara langsung mengatasi kesulitan masyarakat Kabupaten Soppeng diantaranya perbaikan inftrastruktur jalan.
Sedangkan kegiatan non fisik diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan serta kesehatan masyarakat dan juga untuk meningkatkan wawasan kebangsaan.
Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak dalam sambutannya saat membuka TMMD ke-113 TA 2022 mengatakan program TMMD sebagai suatu komitmen dari TNI untuk berkontribusi terhadap pembangunan di NKRI khususnya dalam hal membantu dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah.
”Saya yakin masyarakat Marioriwawo dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap tamu yang datang karena itu adalah budaya dan tradisi dari kami. Saya mohon silaturahmi ini dapat dijaga dengan baik agar TMMD dilanjutkan sampai di masa-masa yang akan datang,” katanya. (ono/C)

  • Bagikan