Puskesmas Caile Bulukumba Raih Akreditasi Paripurna

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID-- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Caile Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba, patut berbangga. Sebab, puskesmas yang terletak di Kota Bulukumba ini, meraih akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Sertifikat akreditasi paripurna itu, diterbitkan pada 6 Desember 2023, yang ditandatangani secara elektronik oleh Ketua Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Chazali H Situmorang dan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dr.Azhar Jaya.

Sertifikat akreditasi paripurna Puskesmas Caile ini, dengan nomor : YM.02.01/D/16013/2023, untuk masa berlaku 28 Oktober 2023 s/d 28 Oktober 2028.

Kepala Puskesmas Caile, Hj Megawati menyampaikan rasa syukur atas capaian tersebut. Ia menyebut, capaian itu berkat kerja sama seluruh pihak dalam mempersiapkan sampai pelaksanaan akreditasi, sehingga bisa meraih paripurna.

"Sebenarnya menghadapi akreditasi cukup berat dan menyita waktu, tenaga dan biaya. Namun jauh hari sebelumnya semua dokumen-dokumen sudah kami persiapkan," kata Megawati di Bulukumba, Selasa, 12 Desember 2023.

Ia mengaku sejak tahun lalu, semua perbaikan-perbaikan sampai saat sebelum akreditasi masih terus dilakukan pembenahan. Selain Rumah Sakit, katanya, satu ruangan CSSD atau sentral sterilisasi alat baru ada di Puskesmas Caile dan belum ada di tempat lain.

"Semua hasil yang dicapai adalah perjuangan terbaik teman-teman dan bimbingan serta dukungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba," ujarnya.

Megawati berharap ke depan, kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat di lingkup Puskesmas Caile dapat lebih ditingkatkan lagi. Apalagi, pemenuhan pelayanan kesehatan merupakan salah satu bagian dari Visi Misi Pemda Bulukumba.

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan