Sjamsuddin Dg Mangawing Jadi Nama Aula FK Unhas

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin mengawali pekan pertama masuk kantor setelah masa cuti bersama hari raya Idulfitri 1443 Hijriah dengan menyelenggarakan halal bihalal bersama sivitas akademika, Selasa (10/5).

Kegiatan ini dirangkaikan dengan peresmian Aula Lecture Theater (LT) Sjamsuddin Dg Mangawing yang berlangsung di Fakultas Kedokteran Unhas, Kampus Tamalanrea. Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa hadir dalam acara ini.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof Dr dr Haerani Rasyid,MKes,SpGK,SpPD, menyampaikan rasa bahagia dapat menggelar halal bihalal untuk saling bersilahturahmi bersama sivitas akademika Unhas.

“Setelah dua tahun sebelumnya hanya digelar secara virtual akibat wabah Covid-19, halal bihalal kali ini dilaksanakan secara luring. Semoga pertemuan yang baik ini dapat menumbuhkan energi yang positif dalam menjalankan aktivitas kita,” kata Prof Haerani.

Ia juga menjelaskan penamaan Aula Sjamsuddin Daeng Mangawing. Tokoh ini merupakan ketua panitia persiapan pembentukan Fakultas Kedokteran Unhas yang diresmikan pada tahun 1956.

“Beliau adalah sosok penting dalam pembentukan FK Unhas. Jasanya akan selalu kami kenang. Kami mendapat dukungan keluarga besar Sjamsuddin Daeng Mangawing. Dengan sambutan baik tersebut kemudian kami sematkan nama beliau untuk mengenang jasa-jasanya,” jelas Prof. Haerani.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof JJ menitipkan pesan agar semangat yang telah ditumbuhkan antar sivitas akademika Fakultas Kedokteran Unhas dapat semakin terjaga untuk mempertahankan eksistensi sebagai fakultas yang besar.

“Kehadiran Aula Sjamsuddin Dg Mangawing ini diharapkan dapat memperkuat peran Fakultas Kedokteran dalam mewujudkan cita-citanya. Pemberian nama ini juga sebagai bukti untuk mengenang dan memberikan inspirasi bagi kita dalam dunia pendidikan,” jelas Prof JJ.

Halal bihalal FK Unhas juga diisi dengan doa dan ceramah islamiah yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Harsya Bachtiar, LC,MA. Ia menyampaikan tentang penyempurnaan ibadah yang dapat dilakukan dengan memperbanyak amal, salah satunya bagi orang yang telah mengamalkan ilmunya kepada sesuatu yang bermanfaat.

“Selama bulan Ramadan kita menjaga ibadah dan diharapkan dapat melakukannya dengan konsisten setelah melewati bulan suci ini, sehingga kita bisa menjadi alumni Ramadan yang berkualitas dan mendapatkan pangkat tertinggi di sisi Allah SWT,” ujarnya. (rls)

  • Bagikan