LPMGS Gelar Pelatihan Pemain Musik dan Kantoria Gereja, Diikuti Puluhan Peserta Utusan Sejumlah Gereja

  • Bagikan

MAKASSAR,BKM.FAJAR.CO.ID--Pengurus Lembaga Pelayanan Musik Gereja Sulawesi Selatan (LPMGS) menggelar kegiatan perdananya bertajuk "Pelatihan Pemain Musik dan Kantoria Gereja" yang berlangsung Sabtu (28/10/2023) di Gedung Gereja POUK Kanaan Makassar, Kompleks Purnawirawan TNI-AU Pai 1, Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Hajatan spektakuler yang dibuka oleh Ketua Umum LPMGS, Pendeta Muhammad Ramli, M.Th dan diikuti puluhan peserta utusan dari sejumlah gereja di Makassar dan Maros ini, menghadirkan pembicara utama, Yohan C. Tinungki, S.Mus, M.Sn yang membawakan materi makalahnya berjudul "Interpretasi Nyanyian Mazmur".

Di hadapan peserta yang terlihat begitu antusias untuk menimba ilmu dan pengetahuan mengenai lagu yang lebih 'benar' digunakan di gereja saat ini, master musik jebolan ISI Yogya itu mengemukakan, salah satu bentuk lagu yang ada di dalam sejarah gereja yakni Mazmur. "Ada 4 (empat) alasan mengapa kita perlu lebih mendekat kepada Mazmur," ujarnya.

Yohan yang didampingi Pendeta Muhammad Ramli, M.Th selaku moderator lalu menjelaskan, pertama, Tuhan memerintahkan kita menyanyikan Mazmur. Kedua, Mazmur adalah firman Tuhan. Ketiga, Mazmur menggambarkan ekspresi jiwa manusia kepada Tuhan secara penuh dan juga membentuk ekspresi kita kepada Tuhan. Dan keempat, Mazmur merupakan nyanyian gereja yang Am.

  • Bagikan