Adnan Ajak Masyarakat Gowa Bumikan Al-Qur’an

  • Bagikan

GOWA, BKM.FAJAR.CO.ID - Salah satu keistimewaan dalam bulan suci Ramadan adalah adanya malam Nuzulul Qur’an atau peristiwa malam turunnya Qada dan Qadar. Momen indah dan istimewa Ramadan inipun diperingati Pemerintah Kabupaten Gowa di antara pelaksanaan salat tarawih di Masjid Agung Syekh Yusuf Sungguminasa, Selasa malam (19/4).
Hampir seribuan jemaah hadir mengikuti momen ini termasuk Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin serta jajaran Forkopimda, Sekretaris Kabupaten Gowa, Kamsina, Wakil Ketua TP PKK, Mussadiyah Rauf dan pejabat lingkup Pemkab Gowa.

Sebelum doa bersama, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman bagi umat Islam untuk mengetahui mana yang baik, buruk, yang haq serta yang bathil. ”Insya Allah apabila kita membumikan Al-Qur’an dalam suatu daerah maka tentulah keberkahan Allah akan datang kepada kita. Karena itu saya ajak seluruh masyarakat Gowa untuk senantiasa menjadikan Al-Qur’an bacaan wajib setiap saat,” papar Adnan.
Pada kesempatan tersebut, Adnan menyebutkan, upaya Pemkab Gowa meningkatkan syiar Islam di Gowa termasuk pengembangan sarana prasarana keagamaan. Salah satu yang jadi program Pemkab saat ini adalah pembangunan Rumah Tahfidz Alquran yang berlokasi di Kecamatan Bajeng.

Dikatakan, tahun ini Rumah Tahfidz tersebut akan rampung dan siap melakukan pembinaan teehadap para santri penghafal Alquran yang diseleksi dari desa dan kelurahan. Setiap desa kelurahan masing-masing memiliki satu perwakilan santri. Sehingga total santri Tahfidz yang akan dibina di tahun pertama sebanyak 167 orang.
”Sejalan dengan peringatan malam Nuzulul Qur’an ini, kita akan launching Rumah Tahfidz Quran untuk memperkuat program satu hafidz satu desa kelurahan yang merupakan kolaborasi antara pemerintah dengan kepala desa dan lurah se-Kabupaten Gowa,” kata Adnan.
Disinilah Al-Qur’an akan dibumikan dimana setiap desa kelurahan memiliki penghafal Al-Qur’an. ”Apabila program ini terus dilanjutkan maka tidak menutup kemungkinan nantinya setiap RT/RW memiliki penghafal Qur’an. Sehingga ke depan keberkahan akan selalu turun untuk Kabupaten Gowa ini,” harap Adnan.
Dalam rangkaian malam Nuzulul Qur’an itu juga, bupati Gowa menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba Dai yang digelar selama Ramadan ini. (sar)

  • Bagikan