Siawa SMPN 6 Moncongloe Gelar Karya Projek Profil Pelajar Pancasila

  • Bagikan

Dengan tiga tema yang kami lakukan tentunya kami berharap karakter P5 yang ditanamkan pada siswa, akan menjadi gaya hidup siswa yang berkelanjutan. Walaupun nanti di kelas 7 projek selesai, namun hingga kelas 9 tetap berkelanjutan.

Alimka menjelaskan, untuk proses hingga pembuatan produk selama pelaksanaan Projek, hanya sarana untuk pengamatan. Yang ditampilkan atau disampaikan justru semua elemen yang ada dalam P5.

“Ada beberapa kendala dalam penerapan P5 ini. Kita masih meraba-raba karena baru pertama kali. Kita kemas kegiatan ini sebaik mungkin supaya siswa tidak jenuh,” ujar Alimka.

Untuk guru pendamping, ungkap Alimka yang seharusnya guru kelas 7, namun tidak mencukupi karena ada guru masih mengajar kelas 8 dan 9. Dalam hal ini, pihaknya masih membuat formula yang nantinya bisa terlaksana semua, tanpa meninggalkan kelas yang diajar.

“Ada 3 tema projek dalam satu tahun yang kita laksanakan, Gaya Hidup Berkelanjutan, kewirausahaan dan Kearifan Lokal.” kata Alimka.

Sementara itu Kepala sekolah SMPN 6 Moncongloe H Ahmad AB pada acara tersebut mengataka dalam Gelar Karya, antusias siswa luar biasa. Hasil karya siswa unik dan menarik juga menggelitik yang bagi orang tua tidak pernah berpikir, ternyata anak-anak juga mampu untuk berkarya. Orangtua akan melihat dalam showcase atau gelar karya, betapa hasil karya anak-anak mereka ada manfaatnya.

Untuk kegiatan P5, kata H Ahmad karena di Kabupaten Maros semuanya masih tahun pertama, disana sini masih banyak kendala atau mungkin perbedaan persepsi diantara guru maupun kepala sekolah

“Ternyata P5 di sekolah masing-masing punya karakter sendiri-sendiri. Kita tidak bisa mengklaim P5 yang terbaik di sekolah A misalnya. Dan itu tergantung guru-guru penyampainya, juga fasilitas yang disediakan sekolah,” pungkas Ahmad.(Askari)

  • Bagikan