Siawa SMPN 6 Moncongloe Gelar Karya Projek Profil Pelajar Pancasila

  • Bagikan

MAROS,BKM.FAJAR.CO.ID –Ratusan siswa siswi kelas VII SMPN 6 Moncongloe mengadakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Kegiatan yang dihadiri, camat Moncongloe, Polsek Moncongloe, para kepala desa se Kecamatan Moncongloe, pengawas bina, pengawas depaq, para kepala sekolah SMP se Kecamatan Moncongloe, orang tua siswa dan selurih guru dan tenaga kependidikan SMPN 6 Moncongloe mengambil tema “ Peserta didik beraklak mulia, cerdas, mandiri menuju lingkungan peradaban yang lebih luas.” Rabu (31-05-2023).

Gelar Karya telah diikuti semua siswa kelas 7 berjumlah 134 orang dengan dibagi tujuh kelompok.

Dalam Gelar Karya, siswa dengan kelompoknya masing-masing menampilkan produk berbahan dasar ubi kayu yang dibuat menjadi kripit ubi dengan tiga rasa dan bahan
kertas koran dan tas kresek, yang dibuat atau diolah menjadi sebuah produk. Acara dikemas seperti pemeran hasil karya seluruh siswa kelas tujuh.

Sementara pada kegiatan tersebut siswa pada acara hiburan terlihat seperti menarik model profesional berlenggak lenggok menampilkan tari tarian lokal yang diiringi musik. Para tamu undangan yang hadir tampak bertepuk tangan setiap kali ada peserta tampil, menambah suasana makin meriah.

Salah seorang guru SMP 6 Moncongloe Alimka yang dihubungi wartawan mengatakan, Gelar Karya tersebut merupakan akhir dari Projek P5 dengan tema “ Kewirausahaan, kearifan lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan “

Pada Gelar Karya, kata Alimka kami utamakan untuk setiap kelompok menggunakan elemen-elemen karakter yang ada pada P5, yakni, Beriman, Bertakwa, Berakhlak Mulia, Mandiri, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis dan Kreatif.

“Proses pengerjaan projek ini diawali dengan sosialisasi dan diselingi dengan penyegaran suasana agar supaya siswa tidak jenuh. Kita tanamkan karakter yang ada dalam P5 melalui tahap awal hingga sampai padan proses pembuatan produk. Jadi selama proses pelaksanaan projek, ditanamkan nilai-nilai karakter yang ada dalam P5,” kata Alimka sambil menyebut, selama proses ada penilaian melalui pengamatan meliputi elemen-elemen karakter yang ada pada P5.

  • Bagikan