Ramadan Hingga Lebaran 2023, Tren Belanja Online di Produk Terlaris Tokopedia

  • Bagikan
ist KOLABORASI--Kolaborasi Tokopedia dengan pelaku usaha dan mitra strategis lainnya telah melengkapi Ramadan masyarakat.

Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki. Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian adalah Universa Sajadah.

Selain itu, ada juga kampanye Tokopedia NYAM! yang khusus menggandeng pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan produk makanan dan minuman. Bruule merupakan UMKM yang berpartisipasi dalam kampanye ini dan mencatat berbagai manfaat, khususnya saat Ramadhan hingga Lebaran 2023.

UMKM Tokopedia Universa Sajadah Raup Ratusan Juta lewat Jualan Perlengkapan
Ibadah Berawal dari keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat menjadi pekerja kantoran dan sebagai upaya untuk mendalami ilmu agama, Renato Akbar mendirikan Universa Sajadah pada 2014.

Hingga kini, Universa Sajadah menawarkan berbagai koleksi perlengkapan ibadah, salah satunya sajadah dengan motif polos.
“Nama Universa Sajadah diambil dari kata universe, dengan harapan Universa Sajadah dapat menjadi brand perlengkapan ibadah yang bisa dijangkau oleh masyarakat muslim dari semua latar belakang di seluruh Indonesia,” jelas Akbar.

Universa Sajadah telah bergabung di Tokopedia sejak awal berdiri. “Kini hampir 50 persen penjualan Universa Sajadah berasal dari Tokopedia. Angka ini mendominasi jika dibandingkan dengan platform penjualan lainnya,” kata Akbar.
Akbar memberdayakan sejumlah penjahit lokal di Depok,Jawa Barat, untuk memproduksi sajadah, sarung hingga mukena.“Ramadhan menjadi momen yang membawa berkah bagi kami sehingga bisa menggandeng lebih banyak tenaga kerja lepas untuk mengatasi lonjakan pesanan. Kami bisa meraup omzet ratusan juta
setiap Ramadhan lewat Tokopedia. Selain itu, berkat kampanye Tokopedia Ramadan in Style tahun ini, penjualan kami naik lebih dari 5x lipat dibandingkan bulan biasanya,” tambah Akbar.

Bruule, Upaya Terakhir Selamatkan Bisnis yang Tumbang Saat Pandemi
Berbekal resep turun-temurun warisan keluarga, pasangan suami-istri Reza Harisky dan Sarila Danubrata serta rekannya Chaka Ramadhan mendirikan Bruule pada Maret 2020. Kehadiran Bruule merupakan upaya terakhir dari Sarila dan rekan-rekan untuk bertahan hidup karena bisnis perhotelan yang dimiliki Reza tumbang akibat pandemi.

Kondisi ekonomi pada saat pandemi tersebut membuat Bruule menjadi bisnis yang awalnya didirikan dengan modal terbatas dan hanya menerima pesanan dengan sistem pre-order. “Oven pertama Bruule bahkan dibeli pakai metode cicilan lewat Tokopedia,” ungkap Sarila.

Melalui Bruule, tak hanya Reza, Sarila dan Chaka saja yang merasakan manfaatnya, tetapi mereka juga bisa membawa dampak positif bagi perekonomian warga sekitar, termasuk para supplier, pengemudi ojek online, dan lain-lain. Berkat Bruule, para pekerja yang sebelumnya terpaksa di-PHK dari bisnis hotel
Reza pun bisa dipekerjakan kembali.

“Tokopedia berperan banyak pada perkembangan bisnis Bruule sejak bergabung di Agustus 2020. Misalnya, berkat wawasan yang didapat dari dashboard di aplikasi Tokopedia Seller, Bruule melihat transaksi kartu ucapan di toko kami sebanding dengan penjualan produk lainnya Bruule. Hal ini mendorong kami untuk berinovasi menghadirkan hampers Bruule dan akhirnya menjadi produk terlaris
kami hingga sekarang,” ujar Sarila.

Bruule juga rajin mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya Tokopedia NYAM!. “Berkat banyak kampanye yang kami ikuti, berbagai cabang toko online Bruule di Tokopedia–yang tersebar di Jakarta dan Bandung–mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 4 kali lipat selama bulan
Ramadan dibandingkan dengan bulan biasanya,” tutup Sarila.(rls)

  • Bagikan