Adipura Hanya Stimulan, Kadis DLHK Harap Partisipasi Masyarakat Aktif Kelola Sampah

  • Bagikan

Alfian menyebut, dari awal pertemuannya dengan para petugas kebersihan, memang sudah tampak keseriusan untuk kebersihan kota sebagai yang paling prioritas.

"Kita bekerja kebersihan kota, bukan semata-mata untuk Adipura. Terpenting kota kita harus bersih dan indah. Adipura hanya stimulan. Sehingga selesai penilaian Adipura pun, kita upayakan Kota Bulukumba tetap bersih," jelasnya.

Selain itu, katanya, ada peran besar dari Tim Kendali Banjir. Sebab, kota Bulukumba yang tak lagi banjir, maka kebersihan bisa dikendalikan.

Dengan diraihnya Adipura, Alfian berharap ke depan partisipasi masyarakat lebih menonjol dalam menjaga kebersihan di lingkungannya. Artinya, bukan petugas lagi yang dominan, tapi masyarakat lebih aktif untuk kebersihan kota.

"Minimal sampah plastik dulu, dikelola dari rumah, terpisah dengan sampah organik. Kalau bisa pengomposan. Kemudian masyarakat tak boleh buang sampah sembarangan," katanya.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Begitu pula kepada para petugas kebersihan sebagai garda terdepan dalam pengelolaan kebersihan khususnya di kota Bulukumba.

“Terima kasih kepada petugas kebersihan, termasuk tim pengendali banjir yang selama ini bekerja tidak mengenal siang dan malam," ungkap Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba.(*)

  • Bagikan