Zadrak Tombeg, Carnaval Merdeka Toleransi Penguatan Moderasi Beragama

  • Bagikan

Kekompakan selalu kita jaga dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,  diharapkan terjalin selamanya, bukan karena karnaval.

Diakui Usman Saenong, Karnaval Merdeka Toleransi digagas Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel, sebagai implementasi Program Penguatan Moderasi Beragama Tahun Toleransi 2022. Kegiatan ini juga disupport  Pemerintah Daerah Tana Toraja dan tokoh lintas agama, etnis, dan budaya.

Melalui Karnaval penguatan toleransi di tengah-tengah masyarakat Toraja yang majemuk menunjukkan kepada dunia bahwa masyarakat Tana Toraja sangat menghormati toleran bersatu padu bangun  komitmen cinta Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Hanya dua pekan karnaval dirancang dam terwujud melampaui ekspektasi. Partisipasi tokoh lintas agama, tokoh wanita, tokoh pemuda, tokoh adat, lembaga pendidikan dan berbagai elemen masyarakat yang hadir memeriahkan kegiatan ini sungguh luar biasa, sebut Usman.

Ketua Ansor Toraja, Muhammad Sidik Toago, menambahkan dari kalangan NU hadir seluruh organisasi sayap, seoerti Ansor, Muslimat NU, Ikatan Sarjana NU, serta Fatayat.

Di karnaval merdeka hubungan sosial umat beragama di Toraja terjalin baik, makin kompak, dan semangat kebersamaan selalu hadir, pungkas Sidik (agus).

  • Bagikan