Kinerja Pemkot Parepare Masuk Tertinggi Secara Nasional, Mendagri Tito Berikan Penghargaan Untuk Taufan Pawe

  • Bagikan

MAKASSAR,BKM.FAJAR.CO.ID-- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) meraih penghargaan bergengsi dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan ini cukup membanggakan. Pasalnya, dalam penghargaan Pemerintah Daerah Berkinerja Tertinggi secara nasional Berdasarkan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022, hanya 23 kepala daerah yang menerima.

Tiga kepala daerah provinsi, 10 kepala daerah kabupaten, dan 10 kepala daerah kota.

Untuk Sulsel, hanyak Kota Parepare dan Makassar yang meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, kepada Wali Kota Parepare Taufan Pawe, pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah, di Anjungan Pantai Losari, Sabtu, 29 April 2023.

Penyerahan penghargaan tersebut turut disaksikan 200 lebih kepala daerah se-Indonesia yang hadir pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Kota Makassar.

"Penghargaan ini harus menjadi motivasi, semangat kita, untuk terus dapat melaksankan tugas sesuai dengan sistem pemerintahan otonomi daerah yang ada," kata Mendagri Tito.

Tito meminta, kepala daerah yang belum meraih penghargaan, agar menjadikan momentum ini untuk intropeksi diri agar lebih semangat meningkatkan kinerja sesuai aturan otonomi daerah.

"Kita harus muhasabah diri, bagaimana kepala daerah itu berprestasi. Karena ujung akhir otonomi daerah itu kemandirian fiskal. Ditandai dengan PAD lebih banyak dari pada transfer pusat. Sehingga daerah mampu membiayai daerahya sendiri tanpa harus bergantung terus kepada pemerintah pusat," harapnya.

  • Bagikan