Kalak BPBD Sulsel Pantau Langsung TMC untuk Mitigasi Bencana

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID -- Pemprov Sulsel merespon cepat prakiraan BMKG yang mengeluarkan peringatan dini cuaca dengan melakukan mitigasi bencana hidrometeorologi melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang pelaksanaannya dimulai kemarin, Jumat, 13 Januari 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Sulsel, Amson Padolo, memantau langsung pelaksanaan TMC tersebut,menjelaskan proses TMC dilakukan dengan menabur bubuk NaCl (garam) di sekumpalan awan dengan menggunakan pesawat TNI-AU, PK-SNM 208, yang dimulai pukul 15.30 WITA sampai 17.30 WITA.

"Target penyemaian awan di wilayah Barat Daya sampai Barat Laut Sulawesi Selatan. Penyemaian dilakukan pada ketinggian 7400 feet dengan menghabiskan bahan semai NaCI 900 kg," ungkap Amson.

Menurut mantan Kadis Kominfo Sulsel itu, pelaksanaan TMC ini sesuai arahan Gubernur Sulsel, untuk melakukan langkah mitigasi, pencegahan dan pengurangan risiko bencana.

Dengan TMC, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari kerugian dan kerusakan yang diakibatkan oleh bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor.

"Karena di bulan ini adalah puncak dari hujan, maka dilakukan upaya strategis untuk mengurangi resiko bencana hidrometerologi," ujarnya.

Selain Kalaksa BPBD Sulsel,hadir juga dalam pemantauan TMC, Tri Handoko Seto selaku Perekayasa Ahli Utama yang sukses dalam proses TMC di G20 Bali.

"Kami menyampaikan terima kasih atas kegiatan modifikasi cuaca yang dilakukan Tim TMC Pusat ini. Ini sesuai komitmen Bapak Gubernur Sulsel untuk melakukan berbagai langkah mitigasi dan pencegahan, sehingga potensi bencana yang berdampak kepada masyarakat bisa dihindari," kata Amson.

  • Bagikan