PROMKES POLIMERZ Melaksanakan Pengabdian di Pesantren Assunnah

  • Bagikan

MAKASSAR,BKM.FAJAR.CO.ID--Politeknik Kesehatan Mega Rezky Prodi D-IV Promosi Kesehatan mengadakan pengabdian masyarakat di Pesantren Assunnah Makassar. (28/11/2022)

Pengabdian masyarakat merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya melibatkan segenap Civitas Akademika untuk mempersembahkan karya terbaiknya kepada Masyarakat.

Pada pengabdian kali ini mengusung tema tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) bagi Santri, pengurus, dan elemen pesantren lainnya. PHBS adalah Kebiasaan/ perilaku positif yang dilakukan oleh setiap siswa/santri, kyai, pengasuh, pendidik, penjaga pesantren dan lain-lain yang dengan kesadarannya untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif dalam menjaga lingkungan sehat di pondok pesantrennya.
Materi dibawakan secara terpisah antara Santriwan dan Santriwati. Pemateri Santriwan adalah Muhammad Ridha Afdhal, SKM., MPH. dan Pemateri Santriwati adalah Dr. Mesra Rahayu, SKM., M. Kes. Materi yang disajikan disesuaikan dengan kebutuhan santri yang tinggal secara bersama di pesantren.

Materi PHBS diawali dengan penjelasan 8 prinsip personal hygiene/ Perawatan Kesehatan Diri diantaranya Perawatan Diri pada Kulit, Perawatan Diri pada Kaki & Tangan, Perawatan Diri pada Kuku, Perawatan Diri pada Kulit Kepala & Rambut, Perawatan Diri pada Kebersihan Gigi dan Mulut, Perawatan Diri pada Kebersihan Mata, Perawatan Diri pada Kebersihan Telinga & Hidung, Perawatan Diri pada Kebersihan Organ Genitalia.

Materi juga dilengkapi dengan penjelasan konsumsi makanan sehat dengan mengacu pada pola makan bergizi dan seimbang.

Selain itu aspek kesehatan lingkungan juga ditekankan dalam materi.

Lebih lanjut para pemateri menjelaskan Pesantren yang sehat harus terbebas dari jentik nyamuk, asap rokok, Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA), dan berbagai penyakit menular termasuk HIV/ AIDS.

  • Bagikan