Bawaslu Bulukumba Gelar Penguatan Pemahaman Pemilu kepada Disabilitas

  • Bagikan

BULUKUMBA, BKM.FAJAR.CO.ID  --  Pemilu ramah terhadap disabilitas digaungkan. Kegiatan peningkatan pemahaman pemilu terdapat disabilitas terus dilakukan.

Peningkatan kualitas pengetahuan disabilitas diharap bisa meningkatkan partisipasi pemilu. Disabilitas menjadi bagian penting dalam pelaksanaan pemilu.

Untuk mewujudkan pemilu inklusif, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba menghadirkan Pimpinan Bawaslu RI 2017-2022, Abhan, dalam kegiatan Penguatan pemahaman pemilu kepada disabilitas tahun 2022.

Dalam pemaparannya, Abhan menjelaskan bahwa disabilitas berperan penting dalam mensukseskan pemilu. "Kita semua sama-sama memiliki hak politik yang sama dalam partisipasi pemilu. Yakni dipilih dan memilih," kata dia. Minggu, 16 Oktober 2022.

Selain itu, dia juga menjelaskan perlindungan hukum atas hak pilih serta hambatan yang membatasi hak pilih penyandang disabilitas.

"Hambatan yang dihadapi biasanya terkait keterbatasan dalam mengakses informasi pemilu serta keterbatasan pengetahuan dalam mengakses nama-nama peserta pemilu. Selain itu, tidak tersedianya instrumen teknis pemilu yang dapat menjangkau pemilih disabilitas," kata dia.

  • Bagikan