Satu Pasien Suspek Cacar Monyet Dirawat di RSP Unhas

  • Bagikan
int Ilustrasi cacar monyet

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID--Warga di kota Makassar harus waspada dengan penyakit cacar monyet atau Monkeypox. Pasalnya, satu pasien yang dicurigai menderita penyakit cacar monyet tengah dirawat di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Hasanuddin. Pasien itu mulai dirawat pada Senin (22/8), lalu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan, Arman Bausat mengungkapkan, pasien tersebut dicurigai terinfeksi cacar monyet karena menunjukkan beberapa gejala seperti demam dan ruam-ruam di kulit. Pasien itu juga diketahui baru saja melakukan perjalanan dari Jakarta.

"Sekarang juga di Makassar, ada satu pasien di RS Unhas sementara dirawat dengan kecurigaan cacar monyet. Orang tersebut baru pulang dari Jakarta satu Minggu, tanda-tandanya orang ada ruam di kulit dan agak demam juga," ungkap Arman saat dihubungi, Selasa (23/8).

Untuk memastikan apakah itu benar-benar cacar monyet, dia mengatakan jika pihaknya sudah mengambil sampel dari tubuh pasien. Sampel itu kemudian diperiksa di laboratorium.

"Itu masih dicurigai, belum dipastikan itu monkeypox. Tadi pagi kami ambil sampel untuk diperiksa di BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) kemudian dikirim ke Jakarta untuk identifikasi lebih lanjut," katanya.

  • Bagikan