Pelabuhan Untia Hingga Kini Sepi tak Diminati

  • Bagikan
BKM/DOK TAK DIMINATI--Hingga saat ini PPN Untia belum berfungsi maksimal. Kondisi pelabuhan masih sepi, dan kurang diminati oleh para pemilik kapal nelayan.Kepala Pelaksana Tata Usaha pelabuhan Untia, Muhammad Astriadi mengakui jika sejumlah fasilitas di pelabuhan belum disiapkan, sehingga belum dimanfaatkan dengan maksimal. Tampak seorang warga yang menjaring ikan di sekitar lokasi PPN Untia.

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID -- Pelabuhan Perikanan Nusantara Untia yang terletak di Kecamatan Biringkanaya hingga kini tak berfungsi, bahkan sepi dari aktivitas nelayan.
Padahal pelabuhan yang sempat diresmikan Presiden RI, Joko Widodo ini telah menghabiskan anggaran hingga sebesar Rp27 miliar.

Sebelumnya, Pelabuhan Nusantara Untia digadang gadang salah satu penunjang pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kota Makassar. Besar harapan itu, karena lokasi Pelabuhan Untia bisa dijadikan wisata di samping menjual ikan. Hanya saja, sangat disayangkan karena pelabuhan tersebut belum dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan.

"Ini Kapasitas lokasi yang cukup luar biasa sejumlah fasilitas tentu tersedia, sudah ada nelayan yang menjajakan ikannya di pelelangan ikan yang ada di pelabuhan tersebut. Hanya saja, masih banyak yang perlu dibenahi seperti akses jalan, air bersih dan cold storage ikan yang belum tersedia," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Muhammad Ilyas, saat dikonfirmasi, Selasa (23/8).

  • Bagikan