Sketsa-sketsa Periode Makassar Tanpa Stadion

  • Bagikan
H Syamsu Nur

INILAH priode 2021-2022, Makassar tanpa stadion. Belum bisa diperkirakan sampai kapan PSM , keluar Makassar menjadi tuan rumah pertandingan bergensi. Kini Parepare dengan Stadion Gelora BJ Habibie dijadikan tuan rumah untuk menampung PSM yang kehilangan stadion home base.

Akibatnya, penonton pencinta PSM, setiap pertandingan harus ke Kota Kelahiran Presiden kedua RI BJ Habibie dengan menempuh perjalanan 150 km. Wali Kota Parepare gembira, ikut merasakan dampak ekonomi dari kehadiran pasukan juku eja di daerahnya.

Laporan: Syamsu Nur

Walikota pun berniat untuk melakukan pembenahan akan Stadion Gelora BJ Habibie, menata lebih baik dan tetap memenuhi standar PSSI.

Kota Tanpa Stadion

Kota besar tanpa stadion, ibarat rumah tanpa ruang tamu. Ada sesuatu yang terasa kurang. Dan kalau kita ke luar negeri, ke negara Eropa, boleh dikata setiap kota besarnya ada stadion. Bahkan menjadi kunjungan wisata. Stadion bukan saja menjadi tempat pertandingan sepakbola, tapi di dalamnya ada restoran, ada toko cendera mata dan alat olahraga.

Maka tanpa ada pertandingan pun stadion tetap ramai dikunjungi. Stadion bisa juga mendatangkan penghasilan lain. Bisa dipersewakan dengan berbagai event selain sepakbola. Bisa menjadi tempat promosi dikala ada event berlangsung. Bahkan merek stadion bisa dipersewakan. Seperti halnya yang terjadi di stadion Arsenal di Kota London Inggris.

Merek stadion Arsenal di jual ke perusahaan penerbangan Timur Tengah “Emirate” selama 15 tahun. Maka stadion itu berubah nama menjadi “Stadion Emirate”. Manajemen pengelolaan stadion tetap dilaksanakan manajemen Arsenal. Harga sewa 15 tahun sudah bisa menutupi biaya pembangunan stadion tersebut.

  • Bagikan

Exit mobile version