APDESI Gandeng Polres Luwu Sosialisasi Pencegahan Korupsi

  • Bagikan

LUWU.BKM.FAJAR.CO.ID--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Luwu menggandeng Polres Luwu lakukan sosialisasi pencegahan korupsi bagi kepala desa di Aula Rujab Bupati Luwu pada Kamis, (11/8), lalu.

Kapolres Luwu, AKBP. Arisandi,SH,S.I.K, M.Si didampingi Kasat Reskrim Polres Luwu AKP Jon Paerunan,SH, pada kesempatan membawakan materi tentang pencegahan korupsi.

Disaksikan ketua APDESI Luwu, Arfan Basmin dan 80 kepala desa dalam Forum Grup Discussion, Arisandi meminta kepala desa untuk memperbaiki niat dalam mengemban jabatannya. Menurutnya satu dari sekian penyebab terjadinya penyimpangan tindak pidana korupsi terjadi karena adanya niat.

Tiga faktor terjadinya kejahatan yaitu Motivasi pelaku, Target yang sesuai dan Ketiadaan aparat yang mumpuni, ungkapnya.

Selain itu sejumlah kejahatan umum yang kerap terjadi di desa, lanjutnya, karena adanya target yang lemah, kelompok rentan seperti anak-anak atau perempuan, dan faktor ketiadaan aparat yang mempuni di desa, baik dari penegak hukum maupun aparat desa sendiri.

Ditempat yang sama, Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP. Jon Paerunan,SH menambahkan jika dalam penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi, Polisi bekerjasama dengan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam menentukan kerugian negara.

  • Bagikan