Wabup Apresiasi Rencana Pembukaan Salut di Pangkep

  • Bagikan

PANGKEP, BKM.FAJAR.CO.ID - Direktur Universitas Terbuka (UT) Makassar Hasanuddin, melakukan kunjungan silaturahmi dengan Wakil Bupati Pangkep H Syahban Sammana, Selasa pagi (26/4) di Kantor Bupati Pangkajene Kepulauan.
Pertemuan terkait rencana UT Makassar yang akan membuka Sentra Layanan UT (Salut) di daerah ini.

Direktur UT Makassar Hasanuddin menjelaskan, UT merupakan PTN ke-45 sekaligus pelopor pendidikan jarak jauh.

Sistem pendidikan UT khusus dikembangkan untuk belajar jarak jauh. Pada sistem pendidikan UT tidak memerlukan kampus untuk belajar.
”Mahasiswa dapat belajar di tempat masing masing.

Keunggulan UT, kampus tanpa batasan, waktu kuliah fleksibel, mandiri lewat teknologi, biaya terjangkau, terakreditasi, bebas biaya bangunan dan uang pangkal,” ujar Hasanuddin.

Disampaika pula bahwa rencana UT membuka Salut di Pangkep, dengan harapan semakin mendekatkan UT di tengah masyarakat.

Salut adalah fasilitas UT yang berada di kota/kabupaten dan sangat strategis untuk memberikan dukungan layanan mahasiswa, calon mahasiswa atau anggota masyarakat terkait dengan informasi yang terkait UT, kegiatan pembelajaran dan pendidikan lainnya.

Fasilitas layanan ini didukung perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer serta internet dalam mengakses sumber belajar dan informasi administrasi akademik secara online.

Termasuk untuk melakukan registrasi dan pemesanan bahan ajar secara online, kegiatan belajar dan ujian secara online dan berbagai ragam layanan UT lainnya.
Sebagai perpanjangan layanan UT di kota/kabupaten, operasional Salut berada di bawah koordinasi dan supervisi kantor UT daerah atau disebut Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT).

Wakil Bupati Pangkep H Syahban Sammana pada kesempatan itu memberikan apresiasi terkait rencana kehadiran Salut di Pangkep. Menurutnya, Salut akan sangat membantu dalam proses peningkatan IPM.

”Pemerintah Kabupaten Pangkep menyambut baik rencana UT membuka Salut, karena memberi peluang bagi aparat pemerintah dan masyarakat untuk melanjutkan jenjang studi ke pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan daerah dan tugas serta pekerjaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, UT menjadi tempat yang tepat untuk melanjutkan studi perguruan tinggi, karena merupakan PTN terakreditasi, serta belajar dari mana saja dan kapan saja. ”Bahkan sudah terbukti di Pangkep sudah banyak alumni UT menjadi ASN di kantor pemerintah, ataupun mereka guru/kepala sekolah,” terangnya.

Selain itu, UT dengan program studi yang ada cukup dibutuhkan oleh masyarakat Pangkep seperti perikanan, kelautan, pertanian, hukum, akuntansi, manajemen. Apalagi sudah ada S2, S3 yang dirasa penting kehadirannya di daerah ini.

Hadir mendampingi wabup dalam pertemuan ini, yakni Kepala BKPSDM Hj Parmawati, Sekretaris Dinas Pendidikan M Amirudin, sekdis Pendidikan dan Kebudayaan, Asisten I dr Harlina.
Sementara
Direktur UT Makassar didampingi Penanggung Jawab Kerja Sama, Humas, dan Alumni Prof Dr H Abd Rahman Rahim dan Kusnaeni, serta rencana pengelola Salut Pangkep Hj Aminah, Hj Rustiah, dan Dr Mukhtar Tahir. (rls)

  • Bagikan

Exit mobile version