Gempa Berkekuatan 7,2 Magnitudo Guncang Luwu Timur, Begini Simulasinya

  • Bagikan

LUTIM,BKM.FAJAR.CO.ID--Gempa Bumi berkekuatan 7,2 Magnitudo “mengguncang” Kabupaten Luwu Timur menjadi parameter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lutim saat menggelar simulasi gempa bumi, di Lapangan Soekarno Hatta, Malili, Rabu (08/05/2024).

Simulasi yang diselengarakan oleh Pokja IV TP PKK Lutim bekerjasama BPBD Lutim ini melibatkan 300 peserta diantaranya TNI/Polri, Tagana, Basarnas, TP PKK Kabupaten, Tim PSC Dinas Kesehatan, TP PKK Kecamatan, TP PKK Desa/Kelurahan, anak sekolah dasar dan narasumber/fasilitator pendamping simulasi BPBD Provinsi.

Kegiatan ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan peran perempuan dalam kegiatan penanggulangan bencana. Perempuan memegang peranan strategis, para ibu, istri, dan saudara perempuan memiliki peran vital dalam melakukan evakuasi keluarga dan memberikan peralatan medis, serta membangun komunikasi saat terjadi bencana.

Pasalnya, perempuan menjadi pihak yang paling dominan, paling sering memikirkan bagaimana keselamatan anggota keluarga ketika terjadi bencana.

Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty mengatakan, secara umum simulasi bencana gempa bumi tahun 2024 ini diselenggarakan agar masyarakat, dan TP PKK kabupaten, kecamatan, dan desa memiliki wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk penyelamatan diri kepada keluarga dan masyarakat apabila terjadi bencana.

"Dengan dilaksanakannya simulasi ini, semoga dapat membangun dan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman/potensi bencana melalui peran serta pemerintah, TP PKK, masyarakat dan dunia usaha," harap Hj. Sufriaty dalam laporannya.

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan