Uji Tampilan Laman UKBI di Makassar Berjalan Sukses

  • Bagikan

MAKASSAR,BKM.FAJAR.CO.ID-- Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah sebuah cara untuk mengukur kemahiran berbahasa seseorang dalam menggunakan bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing. UKBI sendiri meliputi lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), Seksi III (Membaca), Seksi IV (Menulis), dan Seksi V (Berbicara) .

Untuk itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Balai Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra mengadakan Uji Tampilan Laman UKBI di Swiss Belcourt Makassar sekitaran pukul 09.00-15.00 WITA yang bertempat di Jalan Gunung Bawakaraeng pada Selasa,(7/5/24).

"Kegiatan ini adalah kegiatan dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra,Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulsel.Kegiatan ini pertama kalinya uji coba tampilan laman UKBI di Kota Makassar," kata Dewi Pridayanti selaku Kasubbag Umum Balai Bahasa Sulsel kepada BKM.

Dewi menyebutkan bahwa tujuan kegiatan UKBI ini adalah agar bisa mengetahui apa saja kendala yang dialami oleh masyarakat ketika mengakses lama UKBI, hal tersebut dilakukan guna untuk mereka melakukan perbaikan ke depannya.

"Manfaat dan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menghimpun atau mengetahui terkait tampilan laman UKBI, bagaimana dengan tampilannya, apakah ada kesulitan saat mengakses laman UKBI , karena mungkin saja tampilannya ribet bagi sebagian orang, maka dari itu tujuan kegiatan ini adalah untuk menghimpun informasinya dari para pengguna, agar kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan terkait laman kami, supaya masyarakat lebih mudah dan menarik untuk digunakan," jelasnya.

Sementara itu, Tri Wulandari dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Jakarta merasa bersyukur atas kelancaran kegiatan tersebut, walupun sempat terkendala masalah jaringan, namun hal tersebut langsung diatasi oleh pihak hotel.

  • Bagikan