21 Tahun Luwu Timur, Maju Bersama Membangun Desa, Menguatkan Demokrasi

  • Bagikan

LUTIM,BKM.FAJAR.CO.ID--Kabupaten Luwu Timur kini telah berusia 21 Tahun. Puncak peringatan hari bersejarah daerah berjuluk Bumi Batara Guru ini digelar dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Lutim.

Paripurna HUT 21 Lutim yang berlangsung di Gedung DPRD Lutim, Jumat (03/05/2024) ini, dipimpin langsung Ketua DPRD Lutim, Aripin didampingi Wakil Ketua DPRD, H. Usman Sadik.

Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama istri hadir didampingi Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Andi Rian R. Djajadi dan istri, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama istri dan Wakil Bupati, Mochammad Akbar A. leluasa bersama istri.

Tampak hadir pula Anggota DPRD Provinsi Sulsel, para Tokoh Pemekaran Lutim, Sekda Lutim, H. Bahri Suli, Sekda Palopo, Presiden Direktur PT. Vale, Febriany Eddy dan jajaran, Cenning Luwu, Hj. Andi Sitti Husaimah Opu Daeng Ri Pajung, Macoa Bawalipu, Mincara Malili, segenap anggota DPRD Luwu Timur, para kepala OPD Lingkup Pemkab. Luwu Timur serta para tamu undangan lainnya.

Rapat paripurna istimewa ini diawali dengan pembacaan kilas balik terbentuknya Kabupaten Luwu Timur oleh Ketua DPRD Lutim, Aripin, S.Ag.

Bupati Budiman mengatakan, Hari Jadi Kabupaten Luwu Timur yang ke-21 ini merupakan momentum yang penting bagi kita untuk bersyukur atas pencapaian yang telah diraih selama ini, namun juga sebagai panggilan untuk terus meningkatkan kualitas pembangunan di tingkat desa.

Tema peringatan hari jadi kali ini, "Maju Bersama Membangun Desa, Menguatkan Demokrasi", lanjut Bupati, menggambarkan tekad dan semangat kita untuk terus bergerak maju sebagai sebuah komunitas yang inklusif dan progresif.

"Desa adalah pondasi dari keberhasilan sebuah kabupaten, dan bersama-sama kita harus memastikan bahwa setiap desa di Luwu Timur berkembang secara berkelanjutan," imbuhnya.

Budiman membeberkan, berdasarkan hasil pengukuran status desa melalui Indeks Desa Membangun (IDM) menunjukkan tidak ada lagi status desa tertinggal di Luwu Timur. Dari total 125 desa yang ada di Luwu Timur, status desa maju sebanyak 46 desa, desa mandiri sebanyak 10 desa dan desa berkembang sebanyak 68 desa.

"Ini menandakan bahwa arah dan kebijakan pemerintah terhadap pembangunan desa telah berjalan sesuai harapan masyarakat melaui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) satu miliar satu desa," tuturnya.

Selanjutnya, pada kesempatan ini, Budiman menyampaikan berbagai keberhasilannya selama menjabat sebagai Bupati Luwu Timur, diantaranya APBD yang terus mengalami peningkatan dimana pada tahun 2024 ini kini mencapai Rp. 1,9 triliun, dan diproyeksikan tahun 2025 mendatang, APBD Luwu Timur dapat mencapai lebih dari Rp 2 Triliun Rupiah.

Dari sisi pendapatan perkapita masyarakat menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, ditahun 2023 sebesar 99,49 juta/perjiwa. Laju Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Luwu Timur tahun 2023, tumbuh sebesar 9,66 persen.

  • Bagikan

Exit mobile version