Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lutim Buka Sosialisasi Rumah Gizi

  • Bagikan

LUTIM,BKM.FAJAR.CO.ID--Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Aini Endis Andrika didampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman sekaligus narasumber, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Arbiyanti Febthavia membuka Sosialisasi Rumah Gizi Tingkat Kabupaten Luwu Timur (Lutim) yang berlangsung di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Rabu (17/04/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama Pokja IV TP PKK Lutim ini, turut dihadiri Sekretaris Dinkes, Andi Tulleng, Ketua Bidang IV Kesehatan dan Lingkungan, Hj. Masrah Bahri Suli, narasumber dari TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Hj. Erna Komalaningrum, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Lutim serta para Kepala Puskesmas beserta Pegelola Gizi Se-Kabupaten Lutim.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Andrika mengatakan, intervensi spesifik pencegahan stunting meliputi pencegahan terjadinya masalah gizi pada ibu hamil dan balita, mulai dari menjaga kesehatan ibu sebelum dan selama kehamilan serta memastikan setiap anak balita mengkonsumsi makanan yang sesuai kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal.

"Konsep ini coba dituangkan melalui program rumah gizi pkk Provinsi Sulawesi Selatan, yang pada awal program akan diimplementasikan di 120 desa lokus di 24 kabupaten kota. dan terus dikembangkan dan diterapkan di seluruh desa yang ada di Sulsel pada umumnya dan Kabupaten Luwu Timur pada khususnya," kata Aini Endis Andrika.

Lebih lanjut, Endis mengatakan, program rumah gizi bertujuan menurunkan angka stunting hingga 14% di tahun 2024, sementara hasil SSGI tahun 2023, angka stunting di Lutim sebesar 22,6%.

Editor: Warta Shally Hidayat
  • Bagikan