Dinas Dukcapil Raih Prestasi Juara 1 dalam Kompetisi Inovasi Panrita (SINOPAN) Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bulukumba meraih predikat juara satu dalam Kompetisi Inovasi Panrita (SINOPAN) tingkat daerah. Kompetisi ini diikuti oleh 16 finalis dengan panelis juri sebanyak 5 orang yang terdiri dari tim akademisi, Dosen Kampus Unhas, UNM, Dosen Algazali, serta dari Bagian Organisasi dan Juri Independen.

Kompetisi SINOPAN terbagi menjadi tiga kategori tingkatan, yakni antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah), SD (Sekolah Dasar), dan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Dalam kompetisi kali ini, Dinas Dukcapil memaparkan inovasi unggulannya yang diberi nama GAMMARA, yaitu Gerakan Masyarakat Menuju Sadar Adminduk. Presentasi inovasi GAMMARA dipaparkan melalui video berdurasi 4 menit serta slide yang menampilkan testimoni penerima manfaat inovasi tersebut dari Kepala Desa Kahayya. Presentasi yang sangat mengesankan ini berhasil menarik simpati para panelis juri.

GAMMARA merupakan inovasi layanan publik yang memudahkan masyarakat Desa Kahayya untuk mendapatkan layanan kepemilikan dokumen kependudukan. Metode kolaborasi, barcode, dan layanan mandiri melibatkan aparat desa dan Organisasi Masyarakat Sipil untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam layanan.

Kepala Dinas Dukcapil, Dedi Rahmadi, didampingi Sekretaris Dukcapil dan Kepala Bidang memberikan dukungan penuh dalam presentasi inovasi GAMMARA dan dengan sigap menjawab pertanyaan dari para panelis tim juri. Dukungan ini memberikan nilai tertinggi kepada Dukcapil dan mengantarkan mereka sebagai juara satu dalam kompetisi ini.

  • Bagikan