Kendati Disorot Karena Merugi, PD Pasar Makassar Tetap Optimis Raup Laba Tahun Ini

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID -- Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya disorot oleh Komisi B DPRD Kota Makassar.

Sorotan yang dilayangkan ke salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu terkait kerugian yang dialami selama satu semester atau dua triwulan di tahun 2023 ini.

Kerugian itu dilaporkan Direktur Utama (Dirut) PD Makassar Raya Ichsan Abd Husein pada monitoring dan evaluasi (monev) Triwulan II 2023 di Ruang Rapat Komisi B DPRD Makassar, Sabtu (15/7) pekan lalu.

Dirut PD Pasar Makassar Raya, Ichsan Abd Husein mengatakan sorotan kinerja dari Komisi B DPRD Makassar menjadi cambuk untuk bekerja lebih baik. Mengenai kerugian, kata dia, hal itu dipengaruhi oleh adanya bencana kebakaran Lods Blok B Pasar Sentral dan Pembangunan Pasar Sawah.

"Kami dari PD Pasar Makassar Raya berterima kasih adanya berita sorotan ke kami. Tapi yang perlu dipahami bahwa itu karena adanya musibah kebakaran dan Pembangunan di Pasar Sawah," tukas Ichsan Abd Husein, Selasa (18/7).

Ichsan Abd Husein menyebutkan, jika aktivitas dua pasar ini beroperasi secara normal, maka kondisi merugi tidak dialami Perusda milik Pemkot Makassar ini. Berdasarkan hitungan, potensi pendapatan khusus Blok B Pasar Sentral saja bisa menutupi kerugian Rp700 juta yang disebutkan.

"Disana itu (pedagang pasar sentral) ada 945 lods. Tiap lods perhari, retribusi yang dibayar Rp7000. Totalnya itu ada sekira Rp1,1 miliar. Itu sudah bisa tutupi kerugian. Ini kita sampaikan kondisi sebenarnya," ujar Ichsan Abd Husein.

  • Bagikan