Pemkab Bulukumba Bersihkan “Penikmat” Iuran BPJS Kesehatan

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID-- Saat ini Pemerintah Kabupaten Bulukumba melakukan verifikasi dan validasi (Verval) data kepesertaan BPJS Kesehatan kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bulukumba.

Untuk melakukan Verval, Dinas Sosial membentuk enam tim verval yang turun ke 136 desa kelurahan selama 2 Minggu yang dimulai sejak Senin 10 Juli yang lalu. Tim Verval gabungan dari beberapa perangkat daerah seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PMD dan Bappelitbangda.

Tim Verval mengkroscek data penerima BPJS PBI yang sebelumnya telah disurvei langsung oleh petugas di setiap desa kelurahan.

Data yang dikroscek adalah warga penerima BPJS PBI yang sudah meninggal, berpindah domisili, dan warga yang sudah mampu tapi masih menikmati bantuan iuran BPJS.

"Temuan petugas di lapangan, ternyata masih ada orang yang sudah meninggal tapi masih dibayarkan BPJSnya. Ini merugikan daerah, karena juga masih banyak warga miskin belum menerima bantuan iuran BPJS," ujar Kabid Humas Andi Ayatullah Ahmad yang juga menjadi Tim Verval.

Lebih lanjut dikatakan bahwa selain yang sudah meninggal, temuan di lapangan juga ada warga "penikmat" BPJS atau kategori mampu yang sudah memiliki mobil pribadi, bahkan ada warga penerima iuran di suatu desa sudah memiliki 5 mobil.

  • Bagikan