‘Qurban Penuh Manfaat’ Jadi Tema Program Sebar Qurban Human Initiative, Dorong Misi Kemanusiaan

  • Bagikan

JAKARTA,BKM.FAJAR.CO.ID - Human Initiative resmi luncurkan program qurban tahunan dengan nama Sebar Qurban, di kantor RRI, Jakarta Pusat (6/6). Mengambil tema Qurban Penuh Manfaat, Human Initiative targetkan manfaat qurban bagi para penerima manfaat, peternak lokal, juga terhadap pequrban itu sendiri.

“Sejatinya, qurban merupakan syariat ibadah bagi umat muslim. Namun, jika kita melihat lebih dalam esensi qurban, manfaat yang dirasakan tidak hanya bagi pequrban. Manfaat juga dirasakan oleh orang lain yang menerima daging qurban, bahkan hingga peternak lokal yang akhirnya juga turut terberdayakan ekonominya,” tutur Tomy Hendrajati, Presiden Human Initiative ketika menjelaskan filosofi di balik tema qurban tahun ini.

Bagi para penerima manfaat, Human Initiative berupaya distribusikan qurban secara merata hingga pelosok negeri bahkan ke mancanegara. Human Initiative targetkan penerima manfaat program qurban 2023 hingga 329.724 jiwa. Jumlah penerima manfaat ini ditargetkan akan terdistribusi di 171 kabupaten yang berada di 21 provinsi di Indonesia. Kriteria penerima manfaat ialah wilayah dengan angka konsumsi daging rendah, wilayah marjinal, wilayah dengan angka stunting tinggi, dan juga ke wilayah terdampak bencana. Human Initiative juga targetkan distribusi ke tujuh negara di antaranya Somalia, Uganda, Kenya, Tanzania, Bosnia, Myanmar, dan Turki.

Peningkatan ekonomi peternak lokal juga menjadi fokus Human Initiative dalam menyebarkan manfaat qurban tahun ini. Human Initiative berupaya untuk berkolaborasi dengan lebih banyak peternak lokal dalam penyediaan hewan hingga pengiriman ke lokasi-lokasi para penerima manfaat qurban.

Sementara untuk para pequrban, Human Initiative fokus menyalurkan manfaat kemudahan beribadah melalui penyediaan hewan yang sesuai syariat dan berkualitas. Sejak berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Human Initiative turut terapkan standar hewan sehat sesuai ketentuan penyembelihan sebagai upaya menjaga kualitas hewan pequrban. Human Initiative juga targetkan laporan cepat dan transparan terhadap para pequrban tahun ini.

  • Bagikan