Kick off Sensus Pertanian, Bupati Andi Utta : Data Sensus Jadi Rujukan untuk Kebijakan Strategis Pertanian

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID--Sensus Pertanian Tahun 2023 (ST2023) segera dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Bulukumba. Rencananya, ST2023 ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Juni sampai 31 Juli 2023.

Sebelum petugas sensus turun ke lapangan, pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Bulukumba menggelar Apel Siaga dan Pelepasan Petugas Sensus di Lapangan Pemuda, Senin 29 Mei 2023.

Apel Siaga yang dipimpin oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf ini dihadiri oleh 481 orang. Jumlah itu terdiri dari petugas lapangan sensus 400 orang, pemeriksa lapangan sensus 70 orang, dan koordinator Sensus Kecamatan 11 orang.

Apel Siaga ditandai dengan pembacaan Ikrar Petugas Sensus sebagai bentuk komitmen untuk melaksanakan tugas dengan jujur dan penuh tanggungjawab. Setelah itu Bupati Bulukumba didampingi Wakil Bupati Andi Edy Manaf melepas balon gas tanda akan dimulainya pelaksanaan Sensus Pertanian.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Sensus Pertanian adalah memberikan gambaran secara komprehensif mengenai kondisi pertanian di Indonesia hingga tingkat wilayah terkecil.

Selain itu, Sensus Pertanian juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas data statistik pertanian sebagai kerangka sampel survei pertanian dan acuan statistik pertanian.

"Sensus Pertanian juga menjadi landasan penting dalam penyusunan kebijakan strategis di sektor pertanian," ungkapnya.

  • Bagikan