Marketing Politik Ala Muhammad Burhanuddin, Politisi Partai Gerindra

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID--"Sederhana, merakyat. Sombere orangnya. Cerdas berpengalaman. Suka menolong sesama. Muhammad Burhanuddin orangnya."

Itu merupakan penggalan lirik lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh seorang pengamen bernama Anchu. Lagu itu dibuat untuk Muhammad Burhanuddin, SH, MH, pengacara asal Makassar yang lama berkiprah di ibu kota Jakarta. Alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin ini, merupakan politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

"Anchu sendiri yang punya inisiatif bikin lagu. Kami sudah lama kenal. Dia dapat info bahwa saya mau jadi caleg. Langsung dikirimkan ka rekaman awalnya, yang hanya pakai gitar. Sudah itu dia pakai musik mi," cerita Muhammad Burhanuddin tentang proses lagu yang diciptakan untuknya, Selasa, 11 April 2023.

Lagu yang biasa jadi back sound video kegiatan Sahabat Om Boer ini, dibagikan di grup-grup WhatsApp dan platform digital lainnya. Sahabat Om Boer merupakan relawan yang melakukan aktivitas untuk mensosialisasikan Muhammad Burhanuddin, ke tengah-tengah masyarakat.

Dalam beberapa video yang dibagikan, terlihat mereka menyambangi warga di lorong-lorong, bahkan hingga ke pulau, di antaranya Pulau Lae-lae. Mereka mengkomunikasikan figur yang bakal maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, pada Pemilu 2024 nanti. Saat mendatangi rumah-rumah warga, Sahabat Om Boer menempel alat peraga, berupa stiker atau banner bergambar Muhammad Burhanuddin.

Pria rendah hati yang akrab disapa Om Boer itu, merupakan tamatan SD Muhammadyah Makassar, SMP Negeri 5 Makassar, dan SMA Negeri 1 Makassar. Apa yang digambarkan dalam lagu tentang dirinya, seperti yang biasa dia lakukan. Sahabat Om Boer, yang merupakan relawannya, rutin berbagi kebaikan melalui kegiatan Jumat Berkah. Selama bulan suci Ramadhan 1444 H ini, mereka juga berbagi takjil di beberapa titik di Kota Makassar.

  • Bagikan