Kapolres Hadiri Pawai Karnaval dan Sampaikan Selamat HUT Ke-17 Belopa Sebagai Ibukota Kabupaten Luwu

  • Bagikan

LUWU,BKM.FAJAR.CO.ID - Kapolres Luwu AKBP Arisandi hadir di panggung kehormatan dalam kegiatan pawai Karnaval Budaya dalam rangka memperingati Hut ke -17 Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu, Sabtu (11/2/2023)

Karnaval budaya Luwu star dari Lapangan Opu Daeng Risaju Belopa dan Finish di Lapangan Andi Djemma Belopa, kegiatan ini diikuti sekitar 30.000 orang perwakilan dari organisasi perangkat daerah se-Kabupaten Luwu dan 22 Kecamatan se-Kabupaten Luwu dengan menggunakan pakaian adat Luwu, Bugis, Makassar, Toraja dan juga Jawa.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Belopa adalah Ibukota Kabupaten Luwu. Sebelumnya desa Belopa dikenal dengan nama La Belopa. Belopa resmi menjadi ibu kota Kabupaten Luwu sejak 13 Februari 2006 yang ketika itu diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Amien Syam. Setelah berpindah dari kota Palopo, Kabupaten Luwu lalu menjadikan Belopa sebagai ibukota nya.

Dalam rangka memperingati HUT ke -17 Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu, ada berbagai rangkaian kegiatan yang telah dimulai pada hari ini Sabtu 11 Februari dan akan berlangsung sampai hari Minggu 26 Februari 2023. Tema yang diusung pada tahun ini, yaitu "Luwu Maju, Mandiri dan Religius".

Rangkaian kegiatan lainnya yaitu Pasar Murah untuk masyarakat, Malam Hiburan Rakyat oleh 3 artis dari ibu kota Jakarta pada tanggal 13 dan 14 Februari 2023, upacara Puncak Peringatan Hari Jadi ke-17 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu pada Kamis tanggal 16 Februari 2023 yang rencana akan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

  • Bagikan