DPKHP Soppeng Gelar Pertemuan dan Koordinasi soal PMK

  • Bagikan

SOPPENG, BKM.FAJAR.CO.ID-Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng Pertemuan Koordinasi Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Soppeng Selasa, 6 Desember 2022
di Hark Cafe and Eater Malaka

Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten. Soppeng, Ir. Erman Asnawi, M.Si dalam laporannya mengatakan Kami melakukan kegiatan ini untuk antisipasi melonjaknya kasus PMK di Kabupaten Soppeng.
Lebih lanjut Erman mengatakan Sebelumnya 10 Agustus 2022 diremykan kasus pertama PMK di Maddumpa, dan tindakan yang kami lakukan yaitu melakukan isolasi lokasi serta pengobatan kepada sapi yang terjangkit.

Untuk kasus di Soppeng sempat zero selama 2 bulan, namun di bulan Oktober melonjak tajam sampai saat ini mencapai 400an kasus, sedangkan kasus kematian sapi akibat PMK di Soppeng tercatat baru 1 ekor anak sapi jelas Erman Asnawi.

Erman menambahkan PMK tidak membuat kami panik karena penyakit ini tidak menular psda manusia. Namun ini menyebabkan kerugian ekonomi bagi masyarakat kita. Sehingga melalui kegiatan ini, dengan melibatkan unsur TNI beserta jajarannya sampai Babinsa, Polri beserta jajarannya sampai Babikantibmas, Kejaksaan, Camat, Kades/Lurah, BPP dan SKPD terkait semoga kita dapat membangun sinergi dalam menghadapi masalah ini ujar Kadis DPKHP

Karena kendala yang kami hadapi saat ini yaitu kurangnya respon dari masyarakat untuk menvaksin hewan ternaknya. Sehingga diperlukan dukungan dari semua pihak untuk menggerakkan program vaksinasi, termasuk melalui edukasi dan penyuluhan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sulsel, Drh. Nurlina Saking, MP dalam arahannya
Kegiatan ini merupakan pertanda keseriusan kita dalam menangani Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), meskipun Kepala DPKHP Kabupaten Soppeng tadi menyampaikan bahwa PMK ini tidaklah menular kepada manusia namun sangat mengganggu perekonomian masyarakat peternak sehingga hal ini tidak boleh diabaikan. Jadi keberadaan kita disini untuk membahas kendala dalam memberantas PMK ini.

  • Bagikan