Muchlis Misbah Tekankan Orangtua Wajib Berikan ASI Eksklusif ke Bayi

  • Bagikan

Sementara itu, Praktisi Kesehatan, dr Rahmawati Rasyid mengaku perlu ada penekanan kepada masyarakat utamanya orangtua dalam memberikan ASI Eksklusif, bahwa ASI Eksklusif merupakan hal yang wajib diberikan untuk anak. Sebab, dalam kandungannya bisa membuat bayi tetap sehat.

"Ada banyak resiko jika bayi jika diberikan bayi formula dan tidak diberikan Asi Eksklusif. Kalau tidak diberikan, resikonya berbahaya bagi tumbuh kembang anak. Seperti bayi sangat tentang terhadap pertumbuhan, gampang sakit, Alergi dan anak lumpuh layu karena tidak ada asupan ASI," bebernya.

Begitupun Narasumber Pejabat Fungsional di Sekretariat DPRD Kota Makassar, Ahdi Abidin Malik menjelaskan pentingnya pemberian ASI pada bayi yakni menjadikan anak sehat dan cerdas. Pemberian ASi merupakan pemenuhan hak bayi dan perlindungan terhadap ibu.

"Perda ini menguatkan kita bagaimana pentingnya bayi mendapatkan ASI. Bagaimana aturan bagi orangtua dan rumah skit bersalin jika tidak memberikan ASI Eksklusif kepada Bayi. Dalam Perda ini juga menganjurkan pada masa kehamilan ibu harus mengonsumsi makanan bergizi agar bisa memberikan hak bayinya. Pemberian ASI dilakukan dua tahun berturut-turut," tuturnya. (Ita)

  • Bagikan