Dinas Kesehatan Soppeng Gelar Gebyar Aksi Bergizi di MAN 1

  • Bagikan

SOPPENG, BKM.FAJAR.CO.ID--Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng menggelar Gebyar Aksi Bergizi Tahun 2022 di MAN 1 Soppeng Jalan Kayangan Kecamatan Lalabat Jumat (18/11/2022), kemarin.

Kepala MAN 1 Soppeng Musliadi menjelaskan bahwa,pelaksanaan kegiatan ini merupakan kampanye hidup sehat yang dilakukan secara serentak serta pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri, ibu hamil.Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memastikan kondisi kesehatan. Apalagi perempuan rentan mengalami penyakit anemia, sehingga perlu ada gerakan dalam rangka memastikan bahwa remaja putri tetap sehat.

Untuk itu, lanjut Musliadi melalui kegiatan ini, pihak sekolah sangat bersyukur karena ini merupakan visi misi MAN 1 Soppeng, dimana dalam kurikulum ada empat hal yang harus dilakukan yaitu, olah hati (pendekatan nilai-nilai spiritual) , oleh raga ( memastikan kondisi fisik sehat), olah otak (untuk mengisi kegiatan akademik), dan olah rasa (menumbuhkan empati).

"Jadi seorang siswa tidak hanya menguasai kemampuan akademik tetapi juga memperhatikan masalah kesehatan. Karena sehebat apapun anak jika tidak sehat tidak bisa menjadi generasi emas," tutur Musliadi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program nasional untuk menuju genarasi emas tahun 2045. Jadi sekarang perlu diinformasikan bahwa anak-anak kita 20-30 yang akan datang ketika menjadi pemimpin dapat tetap sehat.

"Dengan demikian kita bisa mencetak generasi unggul melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Sehingga dibutuhkan sinergitas dan dukungan antar sektoral,"jelas Musliadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng Andi Fachriyana mengatakan,maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan percepatan penurunan stunting melalui perbaikan status gizi remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas, sehingga dapat lebih sehat dan produktif serta tidak melahirkan anak yang berpotensi stunting. Dengan demikian pihaknya akan rutin memberikan tablet tambah darah setiap minggu sepanjang tahun.

  • Bagikan