Alam Seko dan Rampi Terancam Eksploitasi Tambang

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID--Kecamatan Seko dan Rampi merupakan wilayah yang masuk dalam Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Dua kecamatan tersebut cukup terisolasi karena akses jalan menuju ke sana cukup sulit. Jika menggunakan ojek motor, harus merogoh kocek hingga ratusan ribu bahkan satu jutaan.

Karena sulit dijangkau, kondisi alam di dua kecamatan tersebut masih asri. Lingkungannya masih terjaga. Penduduk Rampi dan Seko, dengan kearifan lokal masing-masing, memanfaatkan dan hidup berdamai dengan alam secukupnya.

Namun sayang, kondisi tersebut terancam dengan rencana eksplorasi dan eksploitasi tambang.

Masyarakat adat Seko dan Rampi sedang berjuang dalam menghadapi dua perusahaan tambang skala besar.

Sebagai upaya 'perlawanan' terhadap rencana itu, JURnal Celebes, Koalisi Advokasi Tambang (KATA) Sulsel dan Mahasiswa Rampi-Seko melakukan advokasi.

Manajer Program JURnal Celebes, Ferdyadi yang juga sebagai penulis naskah film dokumenter itu mengatakan, dalam setahun terakhir pihaknya melakukan advokasi disana sekitar bulan April 2022 lalu.

“Dokumentasi perjalanan itu kita jadikan sebagai film. Kita jadikan sebagai medium advokasi. Ada sesuatu yang dianggap luar biasa. Ada harapan dan ancaman dari Seko itu sendiri,” ucapnya saat Jumpa Pers di Hotel Remcy, Jalan Boulevard, Makassar, Jumat, (28/10).

Sementara itu, Direktur JURnal Celebes, Mustam Arif menyampaikan, kegiatan yang dilakukan di wilayah Lutra itu bertujuan untuk melihat jantung Sulawesi Selatan dari ancaman penambangan.

Mustam mengatakan, advokasi yang dilakukan bukan karena anti investasi ataupun tambang. Tapi yang diinginkan adalah para perusahaan tetap mengedepankan kemanusiaan.

“Kita tidak mau melihat bahwa jantung Sulawesi ini akan lemah atau tidak akan berdenyut. Karena corporate yang datang adalah yang mengobrak-abrik SDA dan potensi kearifan lokal,” tuturnya.

Koordinator Koalisi Advokasi Tambang (KATA) Sulsel, Muhammad Taufik Parende mengatakan, ada 114 izin pertambangan di Sulsel termasuk yang di Seko dan Rampi.

  • Bagikan