Dua Kapal Phinisi dari Bulukumba Diundang Ikut Memeriahkan F8 Makassar

  • Bagikan

BULUKUMBA,BKM.FAJAR.CO.ID -- Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8 Makassar akan kembali digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 7-11 September 2022.

F8 adalah festival seni, budaya, dan hiburan yang terdiri dari 8 kegiatan yang dimulai dengan huruf F yaitu food, flower, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art.

Dalam event ini, Pemerintah Kota Makassar mengundang dua Kapal Layar Motor (KLM) dari Bulukumba untuk ambil bagian atau berpartisipasi dalam event yang masuk pada 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi.

KLM Bulukumba yang diundang adalah KLM Pinisi Panrita Lopi dan KLM Pesona Bira. Kedua kapal ini bertolak dari Bantilang Tana Beru Kecamatan Bontobahari pada hari Senin 5 September sekitar pukul 22.00 WITA malam.

Pelepasan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng bersama Kepala Syahbandar Bulukumba sekaligus menyerahkan dokumen pelayaran menuju Pantai Losari Makassar.

Ali Saleng mengatakan undangan berpartisipasi dalam kegiatan F8 Kota Makassar ini menjadi kebanggan tersendiri warga Bulukumba khususnya Kecamatan Bontobahari.

"Artinya eksistensi warga Bulukumba, khususnya pengrajin kapal Pinisi sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda mendapat atensi dari Pemerintah Kota Makassar," ungkapnya.

Mantan Kadis Pariwisata ini juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Syahbandar Bulukumba bersama jajarannya dalam mendukung misi pelayaran kedua kapal Pinisi asal Bulukumba ini dalam menghadiri event F8.

"Sebelum bertolak pihak Syahbandar terlebih dahulu melakukan pengecekan dan sea trial serta uji mesin kedua KLM Pinisi tersebut sebelum memberikan dokumen pelayaran menuju Pantai Losari Makassar," ungkap Ali Saleng.

  • Bagikan