DP2 Target Makassar Bebas PMK Bulan Ini

  • Bagikan
int Ilustrasi PMK

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID -- Dinas Perikanan dan Peternakan (DP2) menargetkan Makassar bisa masuk zona putih atau zero Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bulan ini.Kelapa Dinas DP2 Makassar Evy Aprialty menerangkan, kasus PMK yang ditemukan pada hewan ternak di Makassar sejauh ini mulai menurun drastis.
Jika pada Juli lalu, angka hewan ternak yang mengalami PMK sebanyak 215 ekor, di awal September ini tercatat sisa 18 ekor yang sakit.

"Alhamdulillah sudah menurun dibanding akhir Juli . Itu karena adanya intervensi Satgas PMK. Tim gerak cepat melakukan penanganan. Dampaknya dari 215 ekor sisa 18 yang sakit.
Kita upayakan Makassar pertengahan September ini," ungkap Evy saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan PMK di Balaikota Makassar, Senin (5/9).

Dia mengatakan, jika kasus PMK terus menurun dan Makassar dinyatakan sudah masuk zona putih, lockdown wilayah bisa dibuka kembali. Artinya, distribusi hewan ternak, dari dan yang akan masuk ke Makassar diijinkan kembali."Semoga pertengahan September ini sudah bisa zero," jelasnya.

Jika demikian, kebutuhan daging di kota ini akan bisa terpenuhi dengan baik. Rumah Potong Hewan (RPH) juga sudah bisa berfungsi dengan baik.Evy berharap Makassar bisa menjadi percontohan penanganan PMK yang baik di Sulsel. Alasannya, kerja-kerja yang dilakukan sangat bagus.

"Berkat kerjasama satgas yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas, dokter hewan, Fakultas Peternakan Unhas dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI," jelasnya.

  • Bagikan