Mahasiswa KKN Unhas Edukasi Warga Bantaeng Terkait Komoditi Kakao

  • Bagikan

BANTAENG, BKM.FAJAR.CO.ID-- Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik tahun ajaran 2021/2022 di Kabupaten Bantaeng dengan mengangkat tiga tema KKN yang telah ditetapkan dan salah satunya adalah kakao.

Menurut Warga dan Petani Kakao di Tanah Loe, Haerun mengatakan, selama dua bulan mahasiswa diarahkan untuk melakukan observasi ke kebun-kebun kakao yang tersebar di dua kecamatan, yakni kecamatan Gantarang Keke dan Tompobulu.

"Mahasiswa KKN terletak di Desa Kadang Kunyi, Kelurahan Tanah Loe, Kecamatan Gantarang Keke, mayoritas warganya berprofesi sebagai petani dengan jumlah kelompok tani yang tersebar di Kelurahan Tanah Loe sebanyak 15 kelompok tani yang diolah di daerah ini, salah satunya adalah kakao," ungkapnya, Rabu (17/8).

Namun, keberadaan petani kakao di Tanah Loe seiring berjalannya waktu kian berkurang. "Disini tiap tahun yang jadi petani kakao pasti banyak beralih, entah itu jadi petani cengkeh ataupun jagung dan lain-lain. Biasanya karena orang tidak tau cara perawatannya yang betul, sehingga kadang tanaman kakaonya terserang hama atau penyakit dan tidak maksimal hasilnya akhirnya jadi bingung untuk mau diapakan lagi tanaman kakaonya," jelasnya.

Untuk itu, Koordinator Desa KKNT Unhas Kakao Bantaeng Gel.108, Kia mengaku Mahasiswa KKN Unhas melakukan edukasi pengendalian hama dan penyakit dengan pembuatan pestisida nabati sebagai bentuk penanggulangannya. Pestisida Nabati adalah pestisida yang bahan dasarnya berasal dari tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengendalikan serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman).

  • Bagikan