Habib Husein Ja’far Bicara Moderasi Beragama di UIN Alauddin

  • Bagikan

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Prof Faisal Abdullah mengatakan Islam yang kita inginkan adalah yang mengerti dan memahami bagaimana berinteraksi baik dengan sesama manusia. Saling menghargai, menyayangi, dan tidak egois dalam memaksakan kehendak dan pikirannya sendiri.

"Yang kita inginkan, Islam hadir sebagai rahmatahlil alamin. Islam yang mengerti dan memahami bagaimana rasul menghadapi persoalan tanpa merugikan yang lainnya," kata Prof Faisal.

Dia menambahkan, pemuda muslim saat ini harus produktif agar tidak menjadi generasi tertinggal.

"Kurang elok rasanya kalau generasi yang ada saat ini tercederai oleh pemahaman agama yang dangkal. Perlu pemahaman bagaimana beragama yang benar sesuai konsep rahmatan lil alamin," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis mengatakan pemuda saat ini harus memiliki semangat untuk membangun kesadaran kritis dalam menghadapi situasi yang berkembang sangat kompleks.

"Menjadi pemuda yang tidak kritis dalam situasi saat ini bisa membuat ketinggalan kereta atau terseret arus yang tidak semestinya diikuti," kata Prof Hamdan.

Ia juga meminta mahasiswa harus punya komunikasi yang baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

"Tidak cukup keilmuan, perlu juga IT, etika dan retorika. Harus lintas intelektualitas, sarjana yang menguasai bidangnya dan mempengaruhi bidang lain," tutupnya. (rhm)

Editor: Warta
  • Bagikan