Tingkatkan Layanan Informasi Cuaca, BMKG Kelas 1 Sultan Hasanuddin Gelar Sekolah Lapang

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Hasanuddin melaksanakan kegiatan Sekolah Lapang Meteorologi
Penerbangan (SLMP).

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sulhas, Hari Triwibowo mengatakan, Sekolah Lapang itu bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal untuk meningkatkan layanan informasi cuaca.

"BMKG berkewajiban melaksanakan pengamatan, pengelolaan data, pelayanan informasi, dan pemeliharaan alat meteorologi. SLMP merupakan tugas Unit Pelaksana Teknis BMKG," ungkapnya, Senin (8/8) sore dalam kegiatan Sekolah Lapang yang dilaksanakan di Hotel Dalton Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan.

Menurutnya, Stasiun Meteorologi Sulhas bertanggung jawab atas terpenuhinya layanan informasi cuaca untuk mendukung keselamatan penerbangan baik domestik maupun internasional di
FIR Ujungpandang.

"Karena itu perlu memberikan sosialisasi dan pemahaman bagi stakeholder terkait agar dapat memahami produk-produk informasi meteorologi penerbangan guna mendukung keselamatan, keteraturan dan efisiensi penerbangan di Indonesia," ucap Hari.

Peningkatan layanan informasi penerbangan yang dilaksanakan oleh BMKG, dalam rangka mendukung program pemerintah.

BMKG diharapkan meningkatkan kepatuhan terhadap standar regulasi penerbangan sipil internasional.

Hari-sapaannya memaparkan, ada 50 peserta yang ikut dalam program SLMP.Mereka akan memperoleh wawasan mengenai peran serta fungsi BMKG dalam memberikan layanan informasi cuaca penerbangan terutama saat take off, landing, dan enroute.

  • Bagikan