Gubernur Sulsel Gagas Gerakan Cari Mantu Bebas Narkoba

  • Bagikan
ist PEMERIKSAAN--Dinkes Sulsel bersama Kementerian Agama dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) memberikan pemeriksaan dini (Screening) narkotika secara gratis bagi pasangan yang akan menikah. Seperti di salah satu daerah di Sulsel.

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID--Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kembali menggagas inovasi untuk menjadikan Sulsel bersih dari narkoba dengan membuat program prioritas bersih narkoba yakni Gerakan Cari Mantu Bebas Narkoba (SULSEL BERSINAR GENCARKAN).

Gerakan tersebut adalah inovasi untuk mencegah penyalahgunaan narkotika berbasis keluarga yang digagas gubernur dan didukung Dinas Kesehatan. Dinkes yang menjadi leading sector program inovatif ini, turut menggandeng Kementerian Agama dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) untuk memberikan pemeriksaan dini (Screening) narkotika secara gratis bagi pasangan yang akan menikah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Erwan Tri Sulistyo, menuturkan, pasangan yang akan menikah akan diberikan surat pengantar dari Kantor Urusan Agama (KUA) untuk melaksanakan screening di Puskesmas.

“Program prioritas ini berdasarkan arahan dari pak gubernur untuk bagaimana mereka yang akan menjalankan pernikahan akan memperoleh rekomendasi dari KUA, untuk melaksanakan screening di puskesmas. Program ini kami kerjasamakan dengan Kementerian Agama dan BNNP Sulsel,” jelas Erwan, Minggu (7/8).

Ia menyebutkan, screening dilaksanakan dengan metode ASSIST (Alkohol, Smoking and Substance Involvement Screening Test) yang merupakan pemeriksaan awal mencakup semua zat psikoatif dirancang khusus untuk dapat digunakan oleh petugas kesehatan dalam lingkup pelayanan kesehatan termasuk di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama.

  • Bagikan