Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.COM--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) seluruh Indonesia telah menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak 2024 bersamaan hari pertama pelaksanaan tahapan pemilu serentak Selasa (14/6).


Apel Siaga Pengawasan di Bawaslu Sulsel dipimpin Dr HL Arumahi, dihadiri pimpinan Bawaslu Sulsel Dr. Azry Yusuf, Dr. Adnan Jamal, dan Amrayadi.
Juga hadir Kasek Bawaslu Sulsel Dr. Jalaluddin, Kabag Hukum, Humas dan Datin Syarifuddn Anwas, Kabag Administrasi Mukhlis Mas’ud, beserta jajaran staf Bawaslu Sulsel.
Arumahi menjelaskan, Apel Siaga ini berdasarkan instruksi Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja kepada jajaran Bawaslu seluruh Indonesia.

"Apel siaga pengawasan ini menandai hari pertama tahapan dengan kebulatan tekad dan komitmen bersama jajaran pengawas pemilu seluruh untuk bersatu padu melakukan pengawasan Pemilu 2024,"ujar Arumahi.


Disisi lain, Bawaslu dapat bersinergi dengan komponen bangsa lain seperti sesama penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan pemilih untuk mencegah terjadinya pelanggaran sekaligus mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu.


"Ke depan adalah masa-masa awal dan krusial dalam pelaksanaan Pemilu, dan harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Tentu Bawaslu, harus satu suara, satu pemahaman, harus dipastikan hadir untuk mencegah semua bentuk pelanggaran terutama politik uang,"kata Arumahi.


Menurut Arumahi, berdasarkan pengalaman dalam mengawal Pilkada maupun Pemilu selama ini, Bawaslu utamanya para staf harus menunjukkan profesionalisme dan integritasnya.
"Dua hal ini yang harus kita jaga. Bawaslu harus bertanggung jawab kepada publik dengan menjaga kedua hal tersebut dalam tiap tugas dan fungsi," tegasnya.


Arumahi juga berharap semua pihak terutama peserta pemilu untuk berkompetisi secara sehat, tanpa dinodai oleh tindak pelanggaran.

Editor: Warta
  • Bagikan