246 Unit Bus Bakal Beraktivitas di Mamminasata

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah pusat bakal menambah armada bus di wilayah Maros, Makassar, Sungguminasa dan Takalar (Mamminasata).
Jumlahnya mencapai 246 unit, dan nantinya akan dibagi dalam beberapa koridor. Bus tersebut nantinya akan masuk menjadi transprotasi utama di Mamminasata menggantikan Teman Bus.


"Itu berdasarkan masterplan untuk konektivitas semua spot, akan ada tambahan armada baru, itu sebanyak 246 bus," terang Plh Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Aruddini disela sela kunjungan Perdana Menteri Australia di kantor Gubernur Sulsel, Selasa (7/6).


Lebih lanjut bus-bus itu dipastikan memiliki diameter yang jauh lebih besar dengan Teman Bus. Jika sesuai dengan masterplan, maka bus itu akan mulai beroperasi pada awal tahun 2023 mendatang.
"Itu kerjasama RI-Australia dan Kabupaten/Kota," ungkap dia.


Dia menambahkan, masuknya transportasi massal ini akan membuat pemetaan trasnportasi umum Makassar akan kembali dirombak. Dia mengaku skema itu sudah dikantongi pihaknya. Sisa menunggu pengaplikasian.


Sementara bus baru ini operasionalnya kata dia akan berjalan poin to point antar stasiun, akan berjalan di jalur primer, sedangkan kolektor primer adalah feeder dimana nantinya akan diambil alih oleh teman bus saat ini. Sedangkan kolektor sekunder nantinya akan diisi oleh angkot alias Petepete.


"Jadi nanti teman bus akan bertindak sebagai feeder, tidak lagi utama seperti saat ini," terangnya.
Dia melanjutkan operasional armada baru ini nantinya akan berpusat di CPI, dan menghubungkan kawasan-kawasan wisata yang banyak dikunjungi hingga Bandara Sultan Hasanuddin.


Sementara untuk mengantisipasi penolakan dari para supir angkot, pihaknya akan membangun skema kerjasama."Maka kecil kemungkinan, karena ini dibahas secara runut nanti sebelum berjalan," terang dia.
Sementara itu pengembalian jalur koridor 2 teman bus trans Mamminasata hingga saat ini masih menggantung.

Editor: Warta
  • Bagikan