KPU Makassar Kembali Lakukan Pendidikan Pemili

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar kembali mempersiapkan pemilih yang cerdas dan pemilu yang berkualitas. Untuk itu, KPU Makassar menjalankan program pendidikan pemilih melalui program Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3) Rabu (11/5).

Menurut Ketua KPU Makassar M Faridl Wajdi, program KP3 saat ini telah memasuki angkatan ke-9. “Kegiatan ini berlangsung di hotel Horison dengan peserta kader KP3 dan tokoh masyatakat kecamatan Rappocini,”ujar Faridl Wajdi.

Selain Faridl, dua komisioner KPU Makassar ikut membawakan materi yakni Kordiv Divisi Sosialisasi, pendidikan pemilih, SDM dan Parmas Endang Sari dan Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu M Gunawan Mashar.
Menurut Faridl, persiapan menghadapi pemilu 2024 harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum pemungutan suara agar penyelenggaraan pemilu menjadi matang. “Partisipasi masyarakat akan sangat di butuhkan, oleh karena itu masyarakat perlu membudayakan tertib administrasi,”pinta Faridl.

Endang Sari juga memaparkan soal teknik dan identifikasi berita hoaks. Endang Sari menyampaikan bahwa hoaks seringkali diartikan sebagai berita bohong atau informasi yang dimanipulasi untuk kepentingan tertentu dengan tidak sesuai dengan fakta dan sumber yang tidak dapat di percaya. “Hal ini karena rendahnya literasi digital masyarakat Indonesia sehingga menjadi pemicu masifnya hoaks beredar di masyarakat. Menghadapi pemilu serentak 2024, masyarakat harus kritis, harus bisa menelaah berita dan informasi(saring),”jelas Endang Materi terakhir dibawakan Gunawan Masrhar dengan materi “Komunikasi Publik Dalam Pemilu” Gunawan lalu memaparkan bahwa pentingnya komunikasi dalam kehidupan keseharian kita, terutama antar penyelenggara dan pemilih. “Sebab kita perlu meyakinkan masyarakat agar dapat menerima informasi yang ingin disampaikan terutama informasi mengenai pemilu,”pungkas Gunawan. (rif)

  • Bagikan