Bupati Amran Buka TMMD ke-113

  • Bagikan

SOPPENG, BKM.FAJAR.CO.ID - Bupati Wajo, H Amran Mahmud membuka secara resmi acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 TA. 2022 di Aula Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo, Rabu (11/5).
Kegiatan diawali dengan laporan Kegiatan Pelaksanaan TMMD oleh Dandim 1406/Wajo selaku Dansatgas TMMD ke-113 TA. 2022 Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata.
Amanat Komandan Korem 141/Tp yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 141/Tp Kolonel Arh Elphis Rudy/, yang intinya Kegiatan TMMD ini merupakan program kerja sama yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, kementerian/ lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), Pemda dan masyarakat yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah.
TMMD untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan akselerasi pembangunan agar dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan, membangun persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesadaran bela negara dalam rangka menjaga keutuhan NKRI
Sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Wajo adalah berupa pembangunan fisik, sarana dan prasarana kebutuhan yang secara langsung mengatasi kesulitan masyarakat Kabupaten Wajo sebagaimana yang dilaksanakan saat ini. Perintisan jalan sepanjang 2000 M, pembuatan talut sepanjang 2.000 M, pembuatan duikker satu unit semuannya di Desa Ambbanuangnge Kecamatan Maniangpajo.
”Jika jalan talut dan duikker diselesaikan akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena adanya akses jalan menjadi lebih efektif dan efisien karena jalur distribusi Logistik menjadi lebih pendek, aman dan lancar,” ujar Dandim.

Untuk kegiatan non fisik yaitu berupa penyuluhan Wasbang dan bela negara, penyuluhan bahaya stunting pada anak, penyuluhan Prokes, pembagian sembako, pelayanan Posyandu, sosialisasi Pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM), Pengobatan Massal, pelayanan KB Kesehatan dan donor darah. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan serta kesehatan masyarakat dan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, sipakatau, sipaikainge, sipakalebbi, toleransi dan rasa cinta tanah air.

Bupati Wajo H Amran Mahmud menjelaskan kegiatan TMMD ke-113 TA. 2022 menghubungkan antara Desa Abbanuange dengan Desa Mattirowalie dengan jarak kurang lebih 2.000 meter. Sasaran pengerasan jalan, pembuatan talut dan 1 unit deker, diharapkan kepada masyarakat setempat agar ikut serta dalam program pembangunan jalan.
Kedepan setelah dibangunkan jalan tersebut perekonomian masyarakat baik Desa Abbanuange dan Desa Mattirowalie dapat berkembang dan lebih meningkat.
Kegiatan TNI Manunggal membangun Desa ke-113 TA. 2022 berlangsung selama 30 hari, dari Rabu, (11/5)-(9/6) mendatang. (ono/C) https://BKM.FAJAR.CO.ID

  • Bagikan