Basmin: Wajib Libatkan Seluruh Komponen

  • Bagikan

BELOPA, BKM.FAJAR.CO.ID - Bupati Luwu Basmin Mattayang melantik 90 Kades terpilih di Rujab, Rabu (11/5). 90 Kades terpilih merupakan hasil Pilkades serentak se-Kabupaten Luwu yang dihelat pada 24 Maret 2022 lalu.

Dalam sambutannya Basmin, mengatakan pelantikan tersebut merupakan pelantikan akbar. Dia menyebut bahwa Kades adalah penyelenggara pemerintahan ditingkat desa yang bertanggung jawab terhadap bupati terkait penggunaan dana desa dan alokasi dana desa.

“Ini adalah pelantikan akbar. Didalam UU desa mengatakan Kades adalah penyelenggara pemerintahan pada tingkat desa dan wajib mempertanggung jawabkan pemerintahannya setiap akhir tahun,” ungkapnya.
Basmin juga menekankan kepada para Kades agar melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan desa dan tidak bekerja secara sendiri-sendiri.

“Kades memiliki tanggung jawab untuk membangun desa dan mensejahterakan masyarakat desa, melibatkan semua masyarakat di desanya sesusai dengan kompontensi dan kemampuannya masing-masing,” katanya.
“Kades tidak boleh bekerja sendiri-sendiri di desa ada BPD, BPD merupakan mitra kepala desa dalam melaksanakan pembangunan. Saya tidak mau diera kepemimpinan saya ada Kepala desa yang bersentuhan dengan aparat penegak hukum, kalau sudah bgitu berarti ada presiden buruk yang saudara lalukan,” tegasnya.
Dia berharap Kades yang ia lantik itu tidak terlibat dalam politik praktis. Selain itu dia berpesan agar Kepala Desa mampu bekerjasama dan lebih aktif berkomunikasi dengan BPD. Kades agar tidak tebang pilih dalam melayani masyarakat termasuk tidak membeda-bedakan antara pendukung dan bukan pasca Pilkades serentak.
“Kalau ada yang saya tahu bahwa ada kepala desa yang tidak bagus pelayanannya kepada masyarakat catat saya akan tugaskan aparat penegak hukum untuk memeriksa pekerjaannya,” tandas Basmin. (*) https://BKM.FAJAR.CO.ID

  • Bagikan