1.500 Saudagar Bugis Makassar Pulang Kampung

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM.FAJAR.CO.ID - Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke XXII kembali akan dihelat usai lebaran Idulfitri 1443 H, tahun ini. Rencananya, perhelatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, 13-15 Mei mendatang, di Hotel Claro.

Selain ramah-tamah dan silaturrahmi, PSBM ini akan disemarakkan dengan kegiatan jalan santai.
Ketua Panitia PSBM, Mansyur Siri, menjelaskan, agenda gerak jalan santai diperkirakan diikuti sekitar 5.000-an orang dan dipusatkan di Centre Point of Indonesia (CoI).

Khusus untuk peserta PSBM sendiri, kata Mansyur, diperkirakan dihadiri sekitar 1.500-an saudagar Bugis Makassar dari berbagai penjuru tanah air, termasuk dari luar negeri. Mereka akan pulang kampung menghadiri PSBM.
“Kalau kita tidak batasi peserta mungkin bisa sampai 2.000 orang tapi nanti yang hadir sekitar 1.500 orang,” ungkapnya usai bertemu Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Danny Pomanto, di kediaman pribadi wali kota, Jalan Amirullah, Senin (9/5).
Rencananya, kata Mansyur, PSBM ini akan dibuka oleh mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Sebelum kegiatan tersebut digelar, secara khusus panitia PSBM menemui wali kota untuk meminta dukungan karena kegiatan ini dilaksanakan di Makassar.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Danny Pomanto, menjelaskan, sedianya kegiatan ini akan digelar 6 Mei lalu. Namun karena JK ke Jepang untuk menerima penghormatan dari Kaisar, maka kegiatan tersebut diundur.
Sebagai tuan rumah, kata Danny, pihaknya berjanji akan memfasilitasi beberapa kegiatan. Khususnya yang terkait farewell party dan kegiatan jalan santai.
“Pemerintah kota mendapat tugas untuk menyambut di farewell party. Termasuk di jalan sehat, kita fasilitasi. Seperti koordinasi soal jalur, pemasangan iklan, dan beberapa fasilitasi lainnya,” ungkap Danny.
Dia berharap kehadiran ribuan Saudagar Bugis Makassar tersebut akan memberi dampak terhadap perputaran ekonomi di Makassar.
“Paling tidak, mereka nantinya akan memperkenalkan dan mempromosikan Makassar ke dunia luar. Ini juga akan menjadi pertemuan bisnis yang kita tunggu-tunggu,” tandas Danny. (rhm)

  • Bagikan