Mahasiswa Teknik Sipil Unhas Berjaya di Malaysia

  • Bagikan

GOWA, BKM.FAJAR.CO.ID - Tim desain Wisma Atlet dan Roof Truss Fakultas Teknik Sipil Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, berjaya. Mereka akhirnya meraih predikat Best Popularity Award. Predikat ini diraih pada ajang kompetisi Internasional yakni Internasional University of Malaya Civil Engineering Competition (UMCvEC) 2022 yang diselenggarakan University of Malaya, Malaysia, pada Sabtu (7/5).
Kompetisi internasional ini berlangsung di Malaysia. Dari Indonesia, hanya Tim Karampuang Departemen Teknik Sipil Unhas yang ikut lomba ini. Kompetisi UMCvEC 2022 yang diselenggarakan secara zoom meeting ini merupakan kompetisi tahunan yang diadakan University of Malaya.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Green Olympic Village’. Pada kompetisi ini peserta mengusulkan desain perancangan wisma atlet dan roof truss yang menerapkan prinsip green design, sehingga desain lebih efisien dan mengedepankan aspek keberlanjutan.
Dibawah bimbingan Dr Hj Rita Irmawati, tim Karampuang Unhas yang beranggotakan lima orang mahasiswa masing-masing tiga mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2018, yakni Yusril Ramadhan, Hari Anggara, Muthmainnah ini berkolaborasi indah dengan Muhammad Fadli Al Kautsar dan Muh Farhan Muhlis (keduanya mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2020).
Kelima tim hebat Karampuang ini, berhasil mendesain sebuah inovasi wisma atlet yang aman, ramah lingkungan dan estetik, juga desain roof truss yang kokoh dan ringan.
”Alhamdulilah, dengan perjuangan keras dan proses panjang yang dilalui, akhirnya tim Karampuang berhasil meraih predikat juara kategori Best Popularity Award. Karampuang terinspirasi dari budaya Bugis Sinjai yang bermakna tempat bertemunya para raja-raja, hal ini menjadi filosofi kami mendesain wisma atlet yang berfungsi sebagai tempat bertemunya para atlet dari berbagai daerah, dan kami mempersiapkan kompetisi ini sejak Januari 2022 lalu,” papar Yusril Ramadhan selaku ketua tim.
Dikatakan Yusril, prestasi ini sangat membanggakan. Sebab tim Unhas satu-satunya yang mewakili Indonesia pada ajang Internasional UMCvEC 2022.

”’Semoga prestasi ini menjadi pemantik untuk adik-adik mahasiswa lainnya untuk turut berprestasi lebih ke depan,” kata Prof Wihardi selaku Ketua Departemen Teknik Sipil FT-UH.
Sememtara itu, Dekan Fakultas Teknik Sipil Unhas, Prof Muhammad Isran Ramli, mengaku sangat berbahagia atas prestasi tersebut. .
“Kami mengapresiasi pencapaian yang diraih dan tentunya sangat membanggakan kita semua. Semoga raihan ini memberi inspirasi buat mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkompetisi,” kata Prof Isran Ramli.
Prof Isran Ramli mengapresiasi prestasi ini sebab menurutnya capaian ini juga sangat mendukung Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yaitu jumlah mahasiswa yang berprestasi pada level nasional dan internasional.
Sementara, Dr Hj Rita Irmawati yang mengawal tim ini dari awal menyampaikan pesannya kepada semua mahasiswa untuk tidak takut mencoba mengikuti lomba internasional.

”Setidaknya sudah berani mencoba dulu. Kalaupun belum menang tentu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga,” kilahnya.
Tim Karampuang inipun menyampaikan terimakasih kepada Sekretaris Bidang Kemahasiswaan Teknik Sipil Unhas Dr Fakhruddin yang memberikan inspirasi dan dorongan dalam mengikuti lomba internasional ini. Tim juga memberikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika Teknik Sipil Unhas yang sangat total mendukung dalam meraih juara di ajang tersebut. (sar)

  • Bagikan