Warga Toraja Kembali Jadi Korban Penembakan KKB Papua

  • Bagikan

MAKALE, BKM.COM — Pengojek di Papua, Samsul Sattu (45 th), warga Tana Toraja kembali jadi korban penembakan¬† Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB)¬† di Kampung Pancuran Distrik Ilaga, Puncak, Papua, Senin (25/4/2022) sekitar pukul 16.30 Wita

Korban Samsul Sattu, sebelum tertembak dibawah ketiak dari jarak dekat sedang santai minum kopi diberanda rumahnya bersama dua rekannya.

Korban Samsul Sattu langsung tersungkur bersimbah darah, dan dilarikan ke Puskesmas Ilaga menggunakan Truk untuk mendapatkan pertolongan. Nahas jiwa korban tidak tertolong dan meninggal dunia.

Pelaku diduga dari Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB ) Pimpinan Numbuk Telenggen. Saat kejadian
tiba-tiba dua pelaku muncul dari  samping kanan Rumah Korban dan Langsung menodong dan menembak korban di bagian ketiak sebelah Kanan. Setelah melakukan aksinya pelaku lari ke arah Jalan Raya.

Pelaku saat beraksi menggunakan baju loreng ungu dan celana pendek warna-warni dan satu pelaku lainnya menggunakan Penutup Kepala atau noken di kepala dengan Baju Loreng Ungu dan Celana Pendek warna Coklat tenteng sebilah parang.

Peristiwa ini hanya berselang dua pekan, setelah 12 April 2022 lalu warga Toraja, Saleno Lolo, juga menjadi korban penembakan KKB di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Mantan Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Papua, John Rende Mangontan (JRM) siap fasilitasi kepulangan jenazah korban dari Papua.

Kepada media ini, Anggota DPRD Provinsi Sulsel ini menyatakan siap memfasilitasi kepulangan jenazah Almarhum Samsul Sattu dari Timika ke Makassar, selanjutnya ke Toraja.

Lanjut JRM, Selasa (26/4) jenazah Samsul Sattu diterbangkan dari Puncak ke Timika, Papua. Jenazah kemudian dibawa ke rumah duka di Jalan Sam Ratulangi, Gang Seasan, Jalur 3 Timika.

Kedatangan jenazah korban disambut histeri keluarga dan handai tolan lainnya.

Lanjut JRM, kesiapannya fasilitasi kepulangan jenazah Samsul Sattu setelah sambangi rumah duka di Tampo, Makale, Selasa (26/4) kemarin.

Kata politisi Partai Golkar ini, Rabu, (27/4) pukul 14.00 WIT pesawat yang membawa jenazah Samsul Sattu take off dari Timika dan diperkirakan tiba di Makassar pukul 15.30 Wita. Setelah tiba di Bandara Makassar akan langsung diberangkatkan ke Toraja, ujar JRM (agus).

  • Bagikan