HM Aras Sidak Jembatan Sungai Pute Agar Digunakan Mudik

  • Bagikan

MAKASSAR, BKM–Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dr. HM Aras melakukan sidak ke Jembatan Sungai Pute, Kabupaten Maros, Selasa (26/4).
Sidak ini dilakukan menjelang ramainya arus mudik lebaran, awal Mei mendatang. Menurut HM Aras yang juga anggota Komisi V DPR RI ini, dilakukan guna memastikan kelancaran hilir mudik transportasi.

Menurut HM Aras, jembatan Sungai Pute, Maros yang sudah lama tidak mengalami progres pembangunan menjadi salahsatu penyebab kemacetan jalur nasional Makassar ke Kota Parepare selama kurang lebih 8 bulan ini. Jalan Provinsi yang sementara waktu sempat ditutup itu, kini diupayakan agar bisa digunakan selama masa lebaran mulai dari tanggal 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022.
Pihak Kepolisian dan Kementerian Perhubungan telah membuat skema rekayasa lalulintas bahwa jembatan hanya bisa dilalui oleh kendaraan motor dan mobil pribadi saja dengan penjagaan ketat selama 24 jam.

Selain itu, HM Aras menjelaskan bahwa semua pihak yang berwenang wajib memastikan fasilitas lalu lintas jalan yang memadai, pengaturan optimal kendaraan baik yang dari dalam maupun keluar daerah, apalagi bagi kendaraan yang memiliki kelebihan muatan serta kendaraan yang dipastikan tidak laik jalan, dan penerapan sistem shiftingatau pembagian tugas jaga terpadu antara pihak kepolisian dan dinas perhubungan untuk membantu kelancaran berkendara para pengguna jalan serta alam rangka meminimalisir tingkat kecelakaan selama arus mudik lebaran.

“Saya, bersama Balai Besar Jalan dan Jembatan Provinsi Sulsel serta Kabid Pengujian dan Pembangunan Infrastrtuktur Jalan dan jembatan bersama-sama membangun koordinasi dengan pihak kepolisian dan Kementerian Perhubungan agar disiapkan skema rekayasa jalan selama arus mudik lebaran ini. Upaya itu dilakukan demi mengurai kemacetan yang biasa terjadi selama ini.”ujar HM Aras.
Anggota Fraksi PPP DPR RI asal Soppeng ini juga berharap agar proses pembangunan revitalisasi Jembatan Sungai Pute segera dilaksanakan berdasarkan site plan yang sudah disiapkan, “Iya dikarenakan anggaran yang sudah turun sehingga tidak perlu lagi menunggu waktu lama.‚ÄĚpinta HM Aras. (rif)

  • Bagikan